Webinar How to Get Scholarship

Pada tanggal 10 Oktober sampai dengan 26 November 2020, Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Kalijaga menggelar serangkaian webinar character building training yang ditujukan bagi mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta yang menerima beasiswa bidik misi khususnya dan seluruh mahasiswa UIN Sunan Kalijaga pada umumnya.

Kegiatan webinar akan dikelola oleh 11 moderator dan 19 narasumber yang berasal dari berbagai bidang keahlian. Kegiatan Webinar Character Building Training Bidik Misi ini dibagi menjadi empat tema besar, yaitu tema beasiswa, entrepreneurship, kepenulisan, dan character development.

Pelaksanaan webinar diawali dengan pembukaan oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Kalijaga, Dr. Fathorrahman, S.Ag., M.Si, dilanjutkan dengan pengisian materi webinar bertema “How to Get Scholarship”. Pada pengantar pembukaan, WD 3 Fakultas Sains dan Teknologi menyampaikan bahwa sasaran dari pelaksanaan webinar ini adalah para mahasiswa penerima beasiswa bidik misi yang merupakan mahasiswa yang berprestasi dan memiliki potensi besar untuk dikembangkan menjadi lulusan-lulusan yang berkualitas tidak hanya dari segi keilmuan namun juga dari kepribadian yang luhur. Hal ini sejalan dengan tujuan yang hendak dicapai Fakultas Sains dan Teknologi melalui visi misinya yaitu mencetak lulusan yang memiliki kompetensi di bidang sains dan teknologi dengan wawasan dan nilai-nilai keislaman, keindonesiaan, dan kearifan lokal.

Tema besar beasiswa yang menjadi materi pertama pada rangkaian webinar ini menghadirkan narasumber-narasumber yang berasal dari alumni maupun para ahli. Tema beasiswa dibagi menjadi empat sesi webinar, diawali dengan sharing session oleh para penerima beasiswa, Syarifatun Nisa Nurdhy, S.T. (Penerima beasiswa Erasmus tujuan Liège Université, Belgium and Universidad del Pais Vasco, Spanyol) dan Nurul Izzati, M.Sc (penerima beasiswa LPDP dengan tujuan Lund University, Swedia). Untuk melengkapi hari pertama pelaksanaan webinar, materi sesi kedua menghadirkan Septirian Praditya, S.IP dan Susari Nugraheni, S.S., M.Sc dengan materi tips dan trik menaklukkan tes bahasa inggris, TOEFL.

Tema beasiswa dilanjutkan pada Hari Minggu, 11 Oktober 2020 dengan materi strategi membuat motivation letter dan essay oleh Suseno Mahardika, M.Ed (Mata Garuda) dan sesi sharing oleh penerima beasiswa studi lanjut di Taiwan, yakni Khotibul Umam, M.Sc (UTS) dan Dyah Ayu M.G.W, M.Sc (penerima beasiswa TIGP).

Sepanjang webinar, peserta mendapatkan banyak ilmu baru dan pengalaman dari narasumber. Selain itu, peserta juga dapat berinteraksi langsung untuk bertanya dan berdiskusi mengenai tema beasiswa yang diangkat pada sesi pertama.

Berita Terkait