Mahasiswa Teknik Informatika Menjuarai Arubalympics 2020

ARUBALYMPICS adalah sebuah inisiatif kolektif yang diprakarsai oleh Aruba, Aptikom, dan Ekoji Academy sebagai bagian dari program link-and-match antara perguruan tinggi dan dunia industri berbasis e-learning dan e-competition. Aruba (a Hewlett-Packard Enterprise Company) bekerjasama dengan Aptikom dan Ekoji Academy memberikan beasiswa kepada 500 kampus informatika untuk mengikuti pelatihan berbasis e-learning dengan tema bahasan “The Intelligence Campus Network 4.0”. Beasiswa diberikan kepada satu kelompok delegasi per kampus yang terdiri dari enam orang, masing-masing adalah dua orang dosen dan empat orang mahasiswa.

Pelatihan dikemas dalam bentuk sesi pembelajaran secara virtual (asynchrounus e-learning) yang diselenggarakan selama 9 (sembilan) hari “berturut-turut”, Dari hari Rabu 5 Agustus - Jumat 14 Agustus 2020. Pada akhir setiap sesi harian, peserta akan diminta untuk mengikuti Kuis Online untuk menguji pemahaman dan penguasaan setip topik bahasan oleh masing-masing peserta. Kuis Online tersebut juga menjadi sebagai ajang kompetisi, bagi para peserta yang dapat mengerjakan soal dengan skor tertinggi dan waktu tercepat akan memperoleh medali "emas", "perak", dan "perunggu" sesuai dengan kuota yang telah disediakan oleh panitia. Prodi Teknik Informatika UIN Sunan Kalijaga, juga turut serta ambil bagian mengikuti acara tersebut. Prodi Teknik Informatika mengirimkan 4 mahasiswa sebagai wakil untuk mengikuti perlombaan tersebut, mereka adalah Fayyadh Aunilbar, Nofri Rahmawati, Ade Umar Ramadhan, dan Alza Syauqi Billah Ghifari.

UIN Sunan Kalijaga berhasil menyumbang dengan 2 emas, 1 perak, dan 4 perunggu untuk provinsi DI Yogyakarta. Dari hasil pengumpulan jumlah medali bersama 21 kampus lainnya di provinsi DI Yogyakarta, DIY dapat menempati posisi ke-3 nasional. Selamat kepada para mahasiswa yang telah berjuang dan mengikuti seluruh rangkaian kegiatan ARUBALYMPICS selama 9 hari penuh berturut-turut. semoga pengetahuan tentang computer networking dan pengalaman bekerjasama dalam tim untuk menyelesaikan permasalahan yang telah diperoleh ketika acara berlangsung dapat bermanfaat dan menjadi ilmu yang barokah.