Selasa, 17 Juni
2025, Fakultas Sains dan Teknologi (Saintek) UIN Sunan Kalijaga menggelar acara
Reviu Kurikulum Program Studi yang diselenggarakan Ruang Teatrikal Gedung
Kuliah Terpadu (GKT), Lt.4, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Kegiatan tersebut selain
dihdiri oleh para akademisi, juga melibatkan beberapa stakeholder yang
terkait, yaitu PTIPD, Bagian Akademik, dan LPM.
Prof. Dr. Khurul
Wardati, M.Si. selaku dekan Fakultas Saintek turut memberikan arahan bahwa
fokus pembahasan dalam acara tersebut adalah melakukan pencermatan dan reviu
terhadap kurikulum 2024 setelah satu tahun berjalan. Harapanya, bisa dilakukan
verifikasi terhadap kesesuian RPS dengan implementasi-nya dalam Sistem
Akademik. Segala bentuk kendala atau permasalahan yang berkaitan dengan stakeholder
lain dapat disampaikan di dalam forum tersebut. Selain itu, evaluasi dan masukan-masukan
dari para experts pada proses akreditasi sebelumnya dapat dijadikan
acuan dalam melakukan reviu.
Selanjutnya,
sesi diskusi di pimpin oleh Prof. Dr. Ir. Shofwatul 'Uyun, S.T., M.Kom., ASEAN
Eng. (Wakil Dekan I Fakultas Saintek) dan Sri Utami Zuliana, S.Si., M.Sc.,
Ph.D. ( PSMF Fakultas Saintek). Dalam sesi tersebut, peserta workshop dari
masing-masing prodi menyampaikan pokok-pokok permasalahan yang ditemui untuk
kemudian ditanggapi oleh stakeholder yang terkait. Kemudian,
masing-masing prodi melakukan diskusi mandiri untuk merumuskan evaluasi dan reviu
terhadap kurikulum secara lebih detail dan komprehensif.
Kegiatan
tersebut diakhiri dengan sesi presentasi dari masing-masing prodi untuk
menyampaikan temuan-temuan masalah, serta beberapa proyeksi yang ingin
diterapkan dalam kurikulum kedepannya.
Selain itu, masing-masing Prodi juga berkewajiban untuk menyampaikan
hasil reviu kurikulum secara tertulis sebagai tindak lanjut dari pokok-pokok
permasalahan yang dibahas dalam forum tersebut.
Kegiatan
workshop ini diharapkan dapat meminimalisir kendala-kendala yang melibatkan
berbagai stakeholder dan mampu memperkuat kualitas kurikulum 2024
sehingga bisa lebih responsif terhadap dinamika terkini serta dapat memberikan
kontribusi positif terhadap kualitas pendidikan di Fakultas Sainek UIN Sunan
Kalijaga Yogyakarta. (ESJ)