FST Siapkan Program Vokasi Teknologi Produk Halal

Yogyakarta – Senin malam, 10 Januari 2022, Fakultas Saintek UIN Sunan Kalijaga melaksanakan kegiatan Workshop Pra-proposal Pendirian Program Vokasi Teknologi Produk Halal. Kegiatan yang dilaksanakan secara daring ini menghadirkan Reka Syayidin, S. Si., QA PT. Indolakto sebagai narasumber. Kegiatan ini bertujuan untuk menggali tantangan dan peluang bisnis pada sektor industri halal, profesi karir dan Job desc, serta kompetensi dan kualifikasi minimum SDM pada lini sektoral industri produk halal.

Menurut data dari Badan Pusat Statistik (BPS), pada tahun 2010, penduduk muslim Indonesia berjumlah sekitar 207.176.162 jiwa, yaitu sebanyak 87,18% dari seluruh penduduk di Indonesia. Sementara itu, Pew Research Center memproyeksikan bahwa pada tahun 2030 jumlah populasi muslim di dunia mencapai 2.209/270.000 jiwa, yang merupakan 26,5% dari populasi dunia. Data ini mengindikasikan bahwa jumlah konsumen muslim yang membutuhkan produk halal akan menjadi sangat besar dan global. Oleh karena itu, peran industri halal menjadi sektor yang potensial maju dan berkembang di masa depan.

Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Kalijaga merespon kebutuhan tersebut melalui pendirian Program Vokasi Teknologi Produk Halal. Program Vokasi Teknologi Produk Halal merupakan program vokasi yang berorientasi pada penguasaan dan kompetensi lulusan terhadap perkembangan teknologi produk halal. Untuk memberi kompetensi keilmuan dan keterampilan yang memadai maka dalam pendirian program vokasi ini Fakultas Sains dan Teknologi akan mengoptimalkan program studi Kimia, Biologi, dan Teknik Industri serta program studi Fisika.