Gebyar Matematika UIN Sunan Kalijaga (GEMASUKA) Nasional

HM-PS Matematika UIN Sunan Kalijaga mengadakan event “Gebyar Matematika” yang bertaraf Nasional untuk pertama kalinya. Acara ini bertujuan untuk mengenalkan integrasi-interkoneksi ilmu matematika dan ilmu agama ke khalayak umum, membangun rasa semangat, sportivitas siswa/i SMA sederajat dan mahasiswa dalam berkompetisi. Selain itu juga sebagai wadah siswa/i SMA sederajat untuk mengasah kemampuan dalam bidang Matematika dan mahasiswa dalam bidang desain.

Acara Gebyar Matematika ini bertemakan “Urgensi Media Digital sebagai Integrasi-Interkoneksi Antara Ilmu Matematika dan Ilmu Agama” yang dikemas dalam berbagai rangkaian kegiatan, antara lain Seminar Desain yang bertema Exploring Your Creative Skill With PowerPoint sekaligus pembukaan acara Gebyar Matematika yang diawali dengan sambutan Ketua Pelaksana Kak Rosilana Anita, Ketua HM-PS Matematika kak Dwi Wahyuni, Sekretaris Prodi Matematika Pak Sugiyanto S.Si., M.Si , dan dibuka secara simbolis oleh Pak Fathurrahman S.Ag., M.Si selaku Wakil Dekan 3 bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama yang diikuti oleh lebih dari 100 participant melalui Zoom meeting. Dengan narasumbernya yaitu Kak Salahuddin, spesialis sosial media yang sudah lama berkiprah dalam dunia desain. Dan seminar ini dimoderatori oleh kak Aulia selaku panitia acara gebyar matematika.

Rangkaian acara selanjutnya adalah lomba desain poster yang bertema Semangat Kemerdekaan di Masa Pandemi. Tema ini diimplementasikan dari hasil desain poster peserta di tengah bulan kemerdekaan. Juara pertama lomba desain poster dimenangkan oleh Arfi Nadhifa, juara kedua dimenangkan oleh Dea Sekar Kinanti, dan juara ketiga dimenangkan oleh Dandy Satria Damara.

Rangkaian acara ketiga adalah Lomba Olimpiade Matematika Nasional dengan tema Brave, Great, and Competitive in Math Olympiad. Sebelum babak penyisihan dimulai, didahului dengan sambutan oleh Dwi Wahyuni selaku Ketua HM-PS Matematika, pembacaan tata tertib dan doa bersama yang diikuti oleh 50 peserta siswa/i SMA sederajat dari berbagai provinsi yang ada di Indonesia pada Minggu, 22 Agustus 2021 secara online. Pada babak Final, dibarengi dengan rangkaian kegiatan pelatihan arah kiblat oleh kak Rosi dan juga Kak Zahro selaku pengurus HM-PS Matematika dari departemen Pendidikan yang dilaksanakan pada Minggu, 29 Agustus 2021 melalui zoom meeting.

Rangkaian acara terakhir sekaligus sebagai penutup adalah E-Link Math yang bertemakan Become an Entrepreneur with Social Possitive Impact dengan narasumber kak Fathin Naufal Nur Islam selaku Innovation, Education, and Business Enthusiast. Acara gebyar ditutup oleh Pak Fathurrahman S.Ag., M.Si selaku Wakil Dekan Tiga bidang Kemahasiswaann dan Kerjasama melalui Zoom Meeting yang diikuti sebanyak 50 peserta. Pada sesi akhir juga diumumkan juara lomba olimpiade matematika yaitu juara pertama dimenangkan oleh Galih Nur Rizky dari SMA Semesta BBS Semarang, juara kedua dimenangkan oleh Naufal Adityo dari SMA Pribadi Depok, dan juara ketiga dimenangkan oleh Ivan Hadinata dari SMA Negeri 1 Jember. (Dwi Wahyuni)