Sosialisasi Pengisian Form Penilaian OBE di Sistem Informasi Akademik

Fakultas Sains dan Teknologi telah mengimplementasikan Kurikulum Kampus Merdeka Merdeka Belajar, maka adalah kewajiban dosen untuk mengimplementasikan OBE. Sebelumnya acara serupa telah diselenggarakan bagi dosen pengampu mata kuliah nasional dan pengampu mata kuliah ke-UIN-nan, untuk mensosialisaikan form peniliaan, namun pada saat itu penambahan fitur di Sisten Informasi Akademik belum selesai.

Fakultas Sains dan Teknologi Kembali menyelenggarakan Sosialisasi Pengisian Form Penilaian OBE di Sistem Informasi Akademik pada Jumat, 22 Januari 2021, dikarenakan saat ini fitur untuk OBE telah selesai ditambahkan ke SIA oleh PTIPD. Acara ini diperuntukkan bagi dosen pengampu mata kuliah semester 1 pada khususnya dan dosen pengampu mata kuliah pada umumnya. Penginputan data ke SIA juga telah diselesaikan, dibantu oleh pihak akademik. Walaupun saat ini masih memprioritaskan data perkuliahan di semester 1, artinya mata kuliah yang menggunakan Kurikulum 2020.

Penambahan fitur OBE di SIA telah melalui proses yang panjang, sejak 1 tahun lalu oleh Sumarsono, S.T., M.Kom., Dr. Agung Fatwanto, S.Si., M.Kom., dan Dr. Shofwatul 'Uyun, S.T., M.Kom. Inisiasi penambahan form OBE saat itu lantaran tuntutan Akreditasi Indonesian Accreditation Board for Engineering Education (IABEE) untuk prodi Teknik Informatika. Hal itu akan sulit diimplementasikan apabila tidak disupport dengan Sistem Informasi Akademik. Alhamdulillah PTIPD dibawah bimbingan Muhammad Taufiq Nuruzzaman, S.T. M.Eng., Ph.D. penambahan fitur tersebut telah diselesaikan.

Terkait OBE, FST mengawalnya untuk kurikulum 2020, karena pengimplementasikan OBE sangat detail. Pada kurun 2 minggu terakhir, tim menyusun dan mengambil data dari data kurikulum prodi yang kemudian diformulasikan ulang ke form yang mudah dipahami oleh pihak akademik, sehingga memudahkan akademik untuk menginputkan data. Pada level admin akademik akan menginputkan Data kurikulum 2020 yang diinputkan pada tahap admin akademik diantaranya adalah Capaian Pembeljaran/CPL/CP Prodi SNPT (berbahasa Indonesia dan Inggris). Data CP ini nantinya yang akan digunakan untuk mencetak SKPI. Pada system tersebut dapat pula menginputkan CP OBE versi Internasional. FST sebelumnya telah menyusun 2 versi yaitu, CP Prodi SNPT dan versi ringkas (versi OBE/versi Internasional). Namun untuk sementara versi OBE Internasional belum diinputkan ke SIA, karena nantinya akan tergantung jalur internasional yang mana yang akan dipilih oleh prodi yang bersangkutan.

Pada SIA juga telah merelasikan CP dengan mata kuliah, serta relasi mata kuliah dengan bloom. Untuk detail teknis Pengisian Form Penilaian OBE dapat disimak lebih lengkapnya pada link Youtube diakhir tulisan ini, seperti bagaimana penggunakan kata kerja untuk mengoperasionalkan CPMK dengan menggunakan Taksonomi Bloom kemampuan berpikir (kognitif): mengingat, memahami, menerapkan, menganalisis, menilai, mencipta.

LINK Youtube: Sosialisasi Pengisian Form Penilaian OBE di Sistem Informasi Akademik