Silaturahim Kemitraan Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Bersama Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren KEMENAG RI

Prodi Studi Magister Informatika UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta mengadakan acara silaturahmi bersama Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren pada tanggal 20 Januari 2021, dalam rangka menawarkan kerjasamaProgram Beasiswa Santri Berprestasi(PBSB).

Dengan membawa visi “Unggul dan terkemuka dalam pemaduan dan pengembangan keislaman dan keilmuan dalam bidang rekayasa sistem sosio religio teknis yang bermanfaat bagi peradaban”, Magister Informatika UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta mengutamakan pemaduan dan penerapan nilai keislaman dan keilmuan dalam bidang rekayasa sistem sosio religio teknis. Hal tersebut bersesuaian dengan konsep integrasi interkoneksi yang digagas dan dikembangkan oleh UIN Sunan Kalijaga. Berdasarkan konsep ini, keinformatikaan yang dikembangkan di prodi adalah yang bermanfaat bagi Islam dan memiliki kepekaan sosial.

Melihat kemajuan teknologi yang begitu begitu pesat disemua sektor, dan banyaknya jumlah pondok pesantren di seluruh Indonesia yang memiliki potensi teknologi, maka pondok pesantren memerlukan tenaga pengajar maupun pengurus yang memiliki keahlian dibidang teknologi yang baik agar dapat terus mengikuti perkembangan teknologi saat ini. Salah satu upaya untuk memenuhi kebutuhan tersebut adalah dengan meningkatkan kualitas latar belakang pendidikan tenaga pengajar dan pengurus pondok pesantren tersebut dengan menempuh jalur pendidikan Magister. Oleh karena itu inisiasi beasiswa yang dilakukan Prodi Magister Informatika dan Ditpdpontren Kemenag RI ini, diharapkan membuka akses bagi para pengajar (asatidz) dan pengurus pondok pesantren lulusan S1 atau sederajat agar bisa melanjutkan kuliah di S2 Magister Informatika di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.