Akreditasi Lapangan secara Daring (Online) Program Studi S1 Fisika

Yogyakarta – Masa pandemi Covid-19 ini, berdampak luas di seluruh aspek kehidupan sehingga membuat seluruh kegiatan yang melibatkan kerumunan orang banyak harus dibatasi dalam rangka pengendalian penyebaran Covid-19, tak terkecuali dalam aspek pendidikan. Kegiatan belajar mengajar atau kuliah saat ini dilakukan secara daring selama masa pandemi, bahkan kegiatan akreditasi institusi dan prodi tetap harus berjalan meskipun di tengah masa krisis ini dengan cara daring (online). Pada tahun 2020, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga menyelenggarakan kegiatan Akreditasi Lapangan secara daring (online) melalui aplikasi zoom untuk Program Studi S1 Fisika, Fakultas Sains dan Teknologi.

Akreditasi Lapangan secara Daring (Online) Program Studi S1 Fisika, FST oleh Asesor BAN PT dilaksanakan selama dua hari yaitu pada tanggal 16-17 Oktober 2020. Asesor yang ditunjuk untuk asessmen Program Studi S1 Fisika adalah Dr. Budhy Kurniawan, M.Si. dari Universitas Indonesia dan Dr. Mohammad Taufik, M.Si. dari Universitas Padjadjaran.

Kegiatan dimulai pada hari Jumat, tanggal 16 Oktober 2020, pada pukul 08.00 dibuka dengan sambutan oleh Rektor Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Prof. Dr. Phil. Al Makin, S.Ag., M.A., dan dekan Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Kalijaga, Dr. Khurul Wardati, M.Si serta beberapa patah kata dari para asesor. Sebagai persiapan dan memudahkan koordinasi, Program Studi, Tim Penyusun Borang Pengelola, Tim Penyusun Borang PS, beberapa dosen, dan beberapa mahasiswa yang terlibat disediakan ruang khusus di Gedung Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga untuk dapat mengakses Zoom dengan jaringan internet yang stabil dengan tetap menjalankan protokol kesehatan sesuai dengan anjuran yaitu memberi jarak 1 meter antar personal.

Asesmen Lapangan secara daring ini dimulai dengan pelaksana PJM di Fakultas dan klarifikasi LED serta data LKPS Fakultas. Sesi selanjutnya Diskusi LED dan klarifikasi data LKPS PS, pengecekan dokumen dan instrumen penjaminan mutu. Setelah ishoma, sesi pertemuan dengan dosen prodi non pimpinan dan non tim task force, middle managemen (ka lab, ka bidang keahlian, pemegang sistem informasi, kepala SDM) dan tendik, Pertemuan dengan mahasiswa, alumni dan pengguna, Konsolidasi tim asesor dengan tim task force PS dan UPPS.

Setelah asessmen lapangan secara daring pada hari pertama asesmen, kedua asesor melakukan Penyampaian hasil review oleh Tim Asesor kepada PS dan UPPS , Penyampaian komentar dari PS dan UPPS pada hari kedua asesmen pada tanggal 17 Oktober 2020.