Fakultas Sains dan Teknologi Wujudkan Visi dan Misi UIN Sunan Kalijaga Adakan Guest Lecture dengan Judul “Islamic Architecture: Between Objects and Values”

Acara ini terselenggara pada tanggal 19 Desember 2019 berkat kerja sama antara mahasiswa magang dengan pihak Fakultas Sains & Teknologi. Kegiatan magang bertujuan untuk meningkatkan keunggulan komparatif alumni. Acara ini diadakan guna melaksanakan visi dan misi UIN Sunan Kalijaga yaitu integrasi-interkoneksi islam dan sains yang disampaikan secara langsung oleh Bapak M. Ja’far Luthfi selaku Wakil Dekan III Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Kalijaga dalam sambutannya. Materi yang diulas dalam acara ini berkaitan dengan dunia arsitektur yaitu arsitektur islam yang disampaikan oleh Dr. Bambang Karsono ST. MT. IAI. Beliau merupakan dosen senior asal Indonesia yang sudah mengajar arsitektur selama 3 tahun di Universiti Malaysia Sarawak.

Materi arsitektur islam yang disampaikan oleh beliau selain sesuai dengan visi dan misi UIN Sunan Kalijaga juga kebetulan sesuai dengan adanya rencana tentang pendirian program studi arsitektur yang saat ini telah diawali dengan penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) bidang arsitektur sejumlah 3 orang. Dalam diskusi ini beliau menyampaikan kehadiran bangunan yang dijuluki sebagai 'Arsitektur Islam' dalam setengah abad terakhir telah berhasil menggiring citra bahwa Islam itu boros, etnosentris, feodalistik dan tidak ramah.

Diskusi ini menyajikan hadits-hadits ‘kontradiktif’ yang berbicara tentang Arsitektur Islam yang 'berbeda' dalam arti yang berlawanan dan implikasinya kepada pemahaman Arsitektur Islam yang hakiki. Terutama ditekankan pada arsitektur masjid dan manajemen masjid untuk mengembalikan fungsi masjid sebagai tempat ibadah. Beliau juga menunjukkan perkembangan arsitektur islam dari masa ke masa. Inti dari diskusi ini adalah arsitektur islam merupakan arsitektur yang dibangun berlandaskan pendekatan desain yang berdasar kepada Alquran dan nilai-nilai sunnah yang ditafsirkan dalam konteks budaya tertentu dan dibingkai dalam teknologi ramah lingkungan.