Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Selenggarakan Pelatihan English Academic

Fakultas Sains & Teknologi UIN Sunan Kalijaga menyelenggarakan pelatihan English Academic pada tanggal 26 Desember 2019 dengan pemateri Siti Nurleily Marliana, S.Si., M.Sc., Ph.D. Acara ini diselenggarakan di ruang meeting Fakultas Sains & Teknologi UIN Sunan Kalijaga selama satu setengah jam. Tujuan diselenggarakan acara tersebut adalah untuk memberikan bekal kepada mahasiswa untuk menulis jurnal/artikel ilmiah dalam bahasa inggris dengan baik.

Materi yang disampaikan oleh pemateri berupa scientific writing for nonnative english speakers. Pemateri menyebutkan pentingnya penguasaan academic writing untuk seorang peneliti. Beliau menyebutkan komponen penulisan ilmiah meliputi struktur manuskrip, efektivitas penyampaian, validitas konten, koherensi tulisan, dan penggunaan bahasa. Terdapat dua hal yang menentukan kualitas sebuah jurnal yaitu flow atau alur tulisan dan penggunaan bahasa. Kemudian beliau menjelaskan mengenai penggunaan bahasa serta memberikan tips & tricks dalam penulisan jurnal berbahasa inggris. Hal terakhir yang ditekankan beliau yaitu kemampuan penulisan ilmiah tidak bisa hanya dipelajari namun harus dilatih. Kemampuan menulis yang baik dalam bahasa inggris dimulai dengan kemampuan menulis yang baik dalam bahasa Indonesia.

Kegiatan ini merupakan salah satu dari rangkaian kegiatan Magang Kerja Mahasiswa Fakultas Sains & Teknologi. Kegiatan magang ini merupakan kegiatan yang terdiri dari banyak bidang yang berfungsi untuk meningkatkan keunggulan komparatif alumni.