Ikatan Alumni

Sejarah

Sejak tahun 2008 hingga sekarang, Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta telah meluluskan banyak alumni yang tersebar di beberapa daerah. Alumni-alumni tersebut mengabdi pada berbagai lapisan masyarakat dan telah mampu mengaplikasikan ilmu yang mereka peroleh selama kuliah. Beberapa diantaranya telah bekerja dan berkarir pada institusi pemerintah dan swasta serta merintis karir sebagai entrepreuner. Sebagian lagi melanjutkan pendidikan ke jenjang S2, S3, dan pendidikan profesi.

Sebagai lulusan kampus yang terus berkembang, karya dan prestasi para alumni Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Kalijaga harus memberi kontribusi besar bagi almamaternya, khususnya bagi peningkatan dan pengembangan kualitas kampus, mahasiswa, dan alumni. Beberapa kampus besar, baik di Indonesia maupun di negara-negara lain dapat menjadi kampus besar yang berkualitas dan disegani berkat peran serta alumni-alumninya baik secara langsung maupun tidak langsung.

Peran ini bisa terlaksana di Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Kalijaga jika alumni memiliki jaringan silaturahim yang kuat dengan almamaternya, khususnya dengan mahasiswa yang masih aktif, dosen, dan sesama alumni. Jaringan silaturahim tersebut berupa wadah bagi alumni agar dapat berkomunikasi dan bekerjasama secara teratur, terencana, dan penuh kebijaksanaan.

Berdasarkan pertimbangan tersebut, alumni Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Kalijaga yang tergabung dalam suatu Tim Formatur menyadari pentingnya untuk menghimpun seluruh alumni dalam satu organisasi alumni yang diberi nama IKASUKA – SAINTEK (Ikatan Alumni UIN Sunan Kalijaga – Saintek).

Rencana pembentukan organisasi ini digagas bersama Wadek Kemahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Kalijaga Drs. Murtono, M.Si. pada bulan Agustus 2013. Saat itu, beliau atas nama Dekan menerbitkan SK Tim Formatur IKASUKA – SAINTEK yang terdiri dari Muhammad Zamhari, S.Pd.Si., Khabiburrahman, S.Si., Daimul Hasanah, M.Pd, dan Sudarlin, M.Si.. Tim ini bekerja menyusun AD/ART dan mempersiapkan pelaksanaan Munas I IKASUKA – SAINTEK.

Munas I IKASUKA – SAINTEK dilaksanakan pada tanggal 17 November 2013 yang memilih Muhammad Zamhari, S.Pd.Si. sebagai ketua IKASUKA – SAINTEK periode 2013-2018. Selain memilih pengurus inti, Munas juga mengesahkan AD/ART organisasi. Selanjutnya, pengurus inti melengkapi kepengurusan yang secara sah dilantik pada tanggal 12 Desember 2013 oleh Bapak Drs. Murtono, M.Si. selaku Wadek Kemahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Kalijaga

Harapannya, IKASUKA – SAINTEK akan menjadi organisasi yang mewadahi seluruh lulusan Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Kalijaga.

Tujuan Organisasi

Membina silaturahim dan ukhuwah diantara alumni UIN Sunan Kalijaga, khususnya alumni Fakultas Sains dan Teknologi.

  1. Meningkatkan peran alumni dalam mewujudkan masyarakat yang berkeadilan.
  2. Mengaktualisasikan potensi alumni di berbagai sektor kehidupan.
  3. Mensejahterakan alumni melalui usaha-usaha produktif.

Visi dan Misi Organisasi

Organisasi ini berdiri berdasarkan visi terkemuka dalam pembangunan bangsa melalui peningkatan kualitas almamater dan jejaring alumni. Untuk mewujudkan visi tersebut, IKASUKA – SAINTEK memiliki misi sebagai berikut:

  1. Berperan aktif dalam pembangunan bangsa yang berkeadilan di berbagai sektor kehidupan.
  2. Berpartisipasi dalam mewujudkan cita-cita dan tujuan almamater.
  3. Berusaha membuka peluang seluas-luasnya untuk meningkatkan dan mengaktualisasikan potensi alumni di berbagai sektor strategis.
  4. Berikhtiar menciptakan usaha-usaha produktif bagi kesejahteraan alumni.

Kontak

Sekretariat : Jl. Marsda Adisutjipto No 1 Sleman Yogyakarta 55281
Email : ikasukasaintek@gmail.com
Website : alumni.saintek.uin-suka.ac.id
Facebook : Ikasuka Saintek
WA : 081226931661

Arsip Pengumuman
Arsip Berita
Arsip Agenda
Arsip Kolom