Kelompok Studi Mahasiswa

1. Forum Kajian Islam dan Sain Teknologi (FKIST)

FKIST adalah lembaga legal atau Badan Otonom Mahasiswa (BOM) di Fakultas Sain dan Teknologi yang berdiri pada tanggal 26 Agustus 2008. Lembaga yang berfokus pada riset dan kajian Islam-sains ini berusaha membangun tradisi ilmiah di kalangan mahasiswa dengan jargon Kompeten, Profesional, Kontributif, Prophetic ( KPK Prophetic). Moslem Prophetic artinya muslim yang mampu membawa risalah kenabian dengan memiliki penguasaan kafa’ah syar’iyah dan pemikiran Islam yang memadai. Kompetensi artinya kapasitas dan kemampuan individu dalam suatu bidang tertentu (spesialisasi). Profesionalisme artinya menunjukkan kualitas pekerjaan yang excellent, dan jauh dari cacat. Kontributif artinya wujud kepekaan terhadap sekeliling, baik kepada pribadi maupun lingkungan.

Organisasi ini terbuka bagi civitas akademika Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. FKIST merupakan organisasi tingkat fakultas yang berstatus lembaga independen di bawah Dekan Fakultas Saintek. Dan berazaskan pada nilai-nilai ke-Islaman, ukhuwah Islamiyah dan prinsip-prinsip keilmiahan.

2. Majlugha (Majlisu al-Lugha al-’Arabiyah

Majlugha (majlisu al_lugha al_’arabiyah), merupakan kelompok belajar bahasa arab yang ada di Fakultas Saintek. Dan menjadi salah satu program dari yang lain diantaranya, yaitu : English Sciene and Technology (ESQ) yang fokus pada bidang bahasa inggris, Forum Kajian Islam dan Sains (FKIS) yang mengarah kepada pengembangan integrasi_interkoneksi, dan Majlugha itu sendiri yang terjun pada pembelajaran bahasa arab. Dan kesemuanya menjadi program dari kebijakan Dana Penunjang Pendidikan (DPP) Fakultas Sains dan Teknologi.

Majlugha resmi berdiri pada tanggal 15 Nopember 2008 setelah didakannya Musyawarah Besar yang bertempatkan di ruang 303 fakultas saintek dan berlangsung selama dua hari. Dan setelah adanya kesepakatan secara mufakat maka kelompok belajar bahasa arab ini diberi nama Majlisu Al_lugha Al_’arabiyah untuk memudahkan penyebutannya kemudian disingkat Majlugha.

Tujuan didirikan Majlugha, yaitu : agar mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta khususnya yang ada di Fakultas Sains dan Teknologi dapat berbahasa Arab dengan baik, fasih, dan lancar. Mahasiswa di Fakultas Saintek agar tidak hanya pandai di bidang ilmu exsac saja tapi juga pandai di bidang ilmu keagamaan. Dengan adanya Majlugha mahasiswa Saintek diharapkan menguasai Bahasa Arab, dan bisa Bahasa Arab. Sehingga selain ahli dibidang sains, sekaligus agama ditambah lagi mahir dibidang Bahasa Arab.

3. English of Science and Technology Community (ESC)

English of Science and Technology Community (ESC) adalah lembaga di lingkungan Fakultas Sains dan Teknologi yang bertujuan untuk mengembangkan kemampuan dalam bidang bahasa Inggris. Lembaga ini dibentuk dalam rangka mendukung salah satu sasaran mutu dari Fakultas Sains dan Teknologi yang ingin mencapai lulusan mampu berkomunikasi global dengan TOEFL's score minimal 450 bagi seluruh lulusannya.

English of Science and Technology Community (ESC) akan menjadi sarana untuk membentuk komunitas mahasiswa yang mampu menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pergaulan selain bahasa utama yaitu bahasa Indonesia. Mengingat bahsasa Inggris adalah bahasa Internasional, sehingga wajib bagi kita yang ingin bersaing dikancah global untuk menguasai bahasa Inggris. Melalui komunitas yang memiliki komitmen tinggi inilah diharapkan mampu mengembangkan kemampuan bahasa Inggris.

Tujuan ESC

  1. Meningkatkan kualitas mahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi dalam berbahasa Inggris.
  2. Membentuk wadah diskusi, silaturahim, dan kompetisi bagi mahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi dalam berbahasa Inggris.
  3. Sebagai sarana belajar bahasa Inggris baik pasif maupun aktif.
  4. Meningkatkan TOEFL score mahasiswa Fakultas Sains dan Tekonologi sesuai sasaran mutu UIN Sunan Kalijaga yaitu minimal 450.
  5. Membangun tradisi berbahasa Inggris di lingkungan kampus Fakultas Sains dan Teknologi.
Arsip Pengumuman
Arsip Berita
Arsip Agenda
Arsip Kolom