Hisab dan Rukyat Center

HRRC yang merupakan akronim dari Hisab-Rukyat Research Center adalah sebuah lembaga kajian akademis yang mengedepankan scientifical calculation and observation dan memfokuskan diri pada kajian astronomi dan astrofisika (ilmu falak), khususnya dalam bidang hisab-rukyat dan penyatuan kalender islam. Didirikan pada tanggal 21 Maret 2011, berdasarkan Surat Keputusan Rektor No. 266.a/Ba.O/A/2011 mengenai pembentukan dan pengangkatan pengelola hisab-rukyat research center Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta, HRRC adalah lembaga kajian dengan basis universitas yang melakukan studi lintas batas (transboundary) bidang keilmuan yang dilandasi oleh semangat integrasi-interkoneksi islam dan sains. HRRC hadir untuk memberikan andil dalam memajukan ilmu pengetahuan dan mewujudkan persatuan dan kesatuan umat Islam.

Visi dan Misi

Menjadi Pusat Kajian Astronomi dan Astrofisika Berbasis Sains dan Syari‘ah Yang Dikenal Luas Dan Bermanfaat Bagi Masyarakat. Misi:

  1. Melakukan penelitian dan kajian kontemporer di bidang astronomi dan astrofisika dalam perspektif sains dan syari’ah, khususnya hisab-rukyat.
  2. Memberikan edukasi kepada masyarakat agar memiliki pengetahuan yang benar tentang hisab-rukyat dari perspektif sains dan syari‘ah sebagai salah satu upaya memahami ayat-ayat kauniyah.
  3. Melakukan mediasi keilmuan kepada ormas-ormas Islam dalam upaya mencari solusi perbedaan hari raya.
  4. Mengembangkan jejaring (networking) yang bersifat lintas batas lembaga maupun negara untuk mengenalkan dan melakukan penelitian kolaboratif yang bermanfaat untuk kemaslahatan umat.

Latar Belakang

Pembentukan HRRC berangkat dari kesadaran akademis untuk memberikan kontribusi pemikiran atas permasalahan umat islam dalam penentuan arah kiblat, jadwal waktu sholat, penentuan awal bulan hijriyah, dan kalendar islam internasional. Permasalahan itu diantaranya disebabkan oleh perbedaan umat islam dalam memahami dalil-dalil nash, standar kriteria, dan metode pengukuran yang dikhawatirkan dapat menganganggu stabilitas persatuan dan kesatuan umat islam. Disamping itu, pembentukan HRRC juga dimotivasi oleh adanya kebutuhan intelektual untuk mengembangkan kajian astronomi dan astrofisika khususnya hisab-rukyat dalam perspektif sains dan syari’ah sebagai wujud integrasi-interkoneksi islam dan sains.

Struktur

Untuk dapat mengoptimalkan potensinya sebagai sebuah lembaga, maka seluruh program HRRC terdistribusi dalam tiga divisi, yaitu:

1. Divisi Penelitian

Program penelitian yang dilakukan oleh divisi ini memenuhi kebutuhan masyarakat (termasuk kalangan universitas) terhadap adanya hasil kajian ilmiah seputar hisab-rukyat berbasis islam dan sains. Penelitian dalam divisi ini selama dua tahun ke depan akan difokuskan pada tiga isu besar, yaitu: (a) Problem approach. Pendefinisian dan pemetaan permasalahan yang muncul di tengah masyarakat dalam penentuan hari besar umat Islam, (b) Critical studies. Melakukan kajian kritis hisab-rukyat berbasis integrasi-interkoneksi islam dan sains, (c) Solution approach. Mengupayakan pengembangan model alternatif.

2. Divisi Pengembangan Kapasitas

Ada setidaknya enam kegiatan yang akan dijalankan oleh divisi ini selama dua tahun pertama, yakni:

  • Comparative study yang diselenggarakan dalam rangka pengembangan kapasitas pengurus HRRC. Kegiatan ini direncanakan bekerjasama dengan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) dan lembaga-lembaga lainnya yang concern pada ilmu falaq.
  • Pelatihan penentuan arah kiblat. Kegiatan ini dilakukan dalam rangka memberikan edukasi kepada masyarakat Islam tentang definisi dan penentuan arah kiblat yang benar berbasis sains sebagai upaya menyempurnakan ibadah sholat.
  • Pelatihan rukyatul hilal memberikan pengetahuan dan pengalaman dalam melihat posisi hilal sebagai dasar penentuan awal bulan kalender hijriyah.
  • Pelatihan software aplikasi hisab-rukyat. Kegiatan ini difokuskan pada pengenalan dan praktik penggunaan berbagai software aplikasi hisab-rukyat.

3. Divisi Informasi dan Publikasi

  • Menerbitkan buku dan karya ilmiah. Dalam hal ini berupaya untuk mengirimkan makalah/jurnal dalam berbagai seminar hisab-rukyat dan menerbitkan buku.
  • Mengelola website HRRC sebagai media publikasi lembaga dan sebagai sumber informasi yang mudah diakses berkaitan dengan peran HRRC dalam konteks integrasi-interkoneksi islam dan sains.
  • Membuat software aplikasi hisab-rukyat sebagai produk unggulan HRRC.

Program-program yang diusung kedua divisi di atas merupakan program jangka pendek. Adapun program jangka panjang yang kami rencanakan adalah pengadaan observatorium untuk keperluan riset astronomi dan astrofisika serta pelatihan-pelatihan hisab-rukyat. HRRC memiliki struktur organisasi sebagai berikut.

Pelindung : Rektor UIN Sunan Kalijaga

Penanggung Jawab : Dekan Fakultas Sains dan Teknologi

Ketua : Joko Purwanto, M.Sc

Wakil Ketua : Abdul Mughits, M.Ag

Sekretaris : Noor Saif Muhammad Mussafi, M.Sc

Anggota :

  • Prof. Dr. Suziknan Azhari, M.A.
  • Oman Fathurohman, M.Ag
  • Thaqibul Fikri Niryatama, M.Si
Arsip Pengumuman
Arsip Berita
Arsip Agenda
Arsip Kolom