Selasa, 24 Mei 2016 10:03:34 WIB Dilihat : 995 kali

Setelah melalui rangkaian kegiatan panjang dalam rangka penyusunan SOP Fakultas Sains dan Teknologi, yang dimulai sejak bulan September 2015, berlanjut penjelasan, presentasi, dan diskusi intens dari bulan Januari 2016, akhirnya sejumlah 51 SOP Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Kalijaga berhasil disusun. 51 SOP yang terdiri dari 19 SOP Bidang Akademik, 22 SOP Bidang Administrasi Umum, Perencanaan dan Keuangan (AUPK), 10 SOP Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama saat ini sudah siap diterbitkan.

Wakil Dekan Bidang II (Bidang AUPK), Dr. Arifah Khusnuryani, M.Si. menjelaskan, 51 SOP Fakultas Sains dan Teknologi ini disusun dalam upaya menyukseskan pelayanan prima baik di bidang akademik, administrasi dan keuangan Fakultas Sains dan Teknologi. Dilaksanakan oleh tim dosen dan karyawan yang mewakili 3 bidang (bidang akademik, bidang AUPK, bidang kemahasiswaan dan kerjasama), dipandu oleh Noor Saif Muhammad Mussafi, S.Si., M.Sc., dan Anti Damayanti H., S.Si.,M.Mol.Bio., selaku Penjamin Sistem Mutu Fakultas (PSMF) Sains dan Teknologi. Sementara kegiatan penyusunan SOP dimulai dari inventarisasi kebutuhan dan ketersediaan SOP, pembagian kelompok kerja, penyusunan SOP masing-masing kelompok kerja, dan penyelarasan akhir SOP. Kelompok kerja akademik dan kemahasiswaan di bawah koordinasi Wakil Dekan I, dan kelompok kerja bidang AUPK dibawah koordinasi Wakil Dekan II.

Menurut Noor Saif, ada perbedaan format penyusunan SOP tahun ini, dibanding tahun-tahun sebelumnya. Karena acuan peraturannya sudah berbeda, yakni: Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 35 Tahun 2012, tentang Pedoman Penyusunan Standar Operasional Prosedur Administrasi Pemerintah, yang sebelumnya mengacu pada Permenpan Nomor: Per/21/M/PAN/11/2008. Perubahan peraturan pedoman penyusunan SOP didasarkan dalam rangka reformasi birokrasi. SOP 3 bidang (bidang akademik, bidang AUPK, bidang kemahasiswaan dan kerjasama) yang sudah selesai digarap ini untuk mendukung tercapainya Good Governance di Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Sunan Kalijaga. Dan inilah 51 SOP Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Sunan Kalijaga, yang telah disusun oleh Tim SOP Fakultas secara matang dan siap diterbitkan (Weni Hidayati-Humas Saintek_ed)

Download file SOP disini.

Kolom Terkait

Kolom Terpopuler

Arsip Pengumuman
Arsip Berita
Arsip Agenda
Arsip Kolom