Rabu, 2 April 2014 14:56:30 WIB Dilihat : 6839 kali

Manfaat Bekerja Profesional

Oleh. Haladi, S. Ag., M.A (Kasubbag Administrasi Umum Fakultas Saintek)

Sukses dalam bekerja merupakan dambaan semua karyawan atau pegawai. Sejalan dengan pengetahuan dan wawasan dalam bekerja tersebut karir ikut meningkat, target atau prestasi mudah tercapai dan taraf hidup semakin baik. Salah satu upaya untuk mencapai itu semua seseorang harus mampu bekerja secara profesional.

Bekerja profesional berarti melakukan semua aktifitas kehidupan dengan senantiasa memperhatikan kualitas maupun hasil. Dalam Islam istilah profesionalitas sering disepadankan dengan kata al-‘itqan. Itqan merupakan kosa kata bahasa arab yang secara sederhana dapat diartikan ke dalam bahasa Indonesia dengan makna rapi atau profesional.

Agama Islam sangat menekankan agar pemeluknya tidak hanya berusaha memperlihatkan kuantitas pekerjaannya tetapi lebih dari itu, dituntut agar senantiasa menjaga kualitas setiap profesi yang ditekuninya. Bahkan disebutkan dalam alquran bahwa esensi dari kehidupan sampai kematian seseorang, tidak lain untuk menilai siapa yang paling berkualitas amal perbuatannya.

Dalam surat At-Tin, ayat 4-6 Allah S.W.T menerangkan bahwa manusia diciptakan sebagai makhluk sempurna dengan diberi akal, kemudian pada saatnya manusia akan dikembalikan ke tempat serendah-rendahnya, terkecuali orang beriman, beramal sholeh dan bagi mereka pahala yang tidak terputus.

Manusia memiliki keistimewaan berfikir dengan akalnya. Kemampuan itulah yang membedakan manusia dengan makhluk ciptaan Allah lainnya. Keutamaan itu juga yang membuat manusia dalam bekerja menghasilkan output yang bagus dan bermanfaat bagi orang lain atau dengan kata lain bekerja secara profesional. Karena jika mengutip kata Buya Hamka “ bila kita hidup hanya sekedar hidup babi hutan juga hidup, bila kita kerja hanya sekedar kerja kera hutan juga kerja” dan itulah yang membedakan penciptaan kita sebagai manusia dibanding makhluk lain.

Bekerja secara profesional akan mendatangkan manfaat bagi diri sendiri dan orang lain. Merasa termotivasi sendiri untuk bekerja lebih baik dari biasanya. Rasa semangat itu berupa niat yang tulus dalam rangka ibadah, sehingga semua pekerjaan terasa ringan untuk diselesaikan. Keberadaan kita akan diharapkan semua orang sebagai tim untuk mencapai tujuan bersama.

Selain itu, dengan bekerja secara profesional rezeki yang di dapat juga barokah dan karena bekerja diniatkan sebagai ibadah kita juga dapat pahala dari Allah S.W.T. Namun, jika dalam bekerja dan kehidupan sehari-hari tidak menghasilkan manfaat maka termasuk orang dengan derajat yang rendah. Tentunya kita sebagai orang muslim tidak ingin digolongkan seperti dua makhluk hutan tersebut.

Oleh karena itu, kita harus senantiasa beriman kepada Allah dan beramal sholeh. Karena semangat itu akan menjaga dan menyelamatkan kita di dunia sampai akhirat. Dengan bekerja sesuai tugas dan kemampuan, serta saling membantu sesama akan mendatangkan kebaikan dan menjadi amal sholeh yang tak terputus. Semoga dengan menjaga profesionalitas dalam bekerja, kita menjadi orang yang bermanfaat bagi orang lain.

(Red.Humas Saintek;Ch/Disarikan dari materi Breafing Senin 17 Maret 2014 )

Kolom Terkait

Kolom Terpopuler

Arsip Pengumuman
Arsip Berita
Arsip Agenda
Arsip Kolom