Selasa, 25 Maret 2014 15:11:47 WIB Dilihat : 16282 kali

Menetapkan Skala Prioritas Dalam Bekerja

Oleh Robi'atul Cholimah. SIP ( Staff Dekan Fakultas Saintek)

Bukan hal yang aneh jika tumpukan pekerjaan terkadang datang berbarengan terutama di waktu-waktu tertentu. Banyak yang kebingungan mana yang harus didahulukan. Apalagi jika deadline alias batas waktu pengerjaannya berdekatan. Pekerjaan mana yang harus dikerjakan terlebih dahulu, bagaimana cara mengatur prioritasnya?

Cara mengatur prioritas kerja adalah salah satu jenis keterampilan yang harus dimiliki oleh pekerja profesional atau profesi lainnya. Kemampuan ini mesti dimiliki oleh mereka yang berada di semua level dari staf, manajer sampai ke direktur atau pimpinan sekalipun. Apalagi jika seseorang yang masih baru menjabat posisi atau kedudukan perlu usaha keras untuk beradaptasi dan memahami jenis pekerjaannya.

Kendala yang pasti dihadapi apabila prioritas tidak diterapkan di dunia kerja, mungkin terasa berat pekerjaan itu karena banyak yang harus diselesaikan. Konsentrasi semakin buyar dan tak satu pun pekerjaan selesai dengan baik. Masalah lain muncul biasanya berkisar dari kurang percaya diri akibat pekerjaan yang kurang memuaskan pimpinan atau konsumen. Bahkan akumulasinya bisa menyebabkan stres.

Demikian halnya kalau seorang staf bisa membagi waktu dan memprioritaskan pekerjaannya. Dia akan yakin dengan kemampuan diri sendiri, dan akan berani mencoba hal atau tantangan baru.Fokus di dalam bekerja akan membuat kita menjadi lebih produktif serta dapat mengurangi beban stress. Kemudian manajemen waktu membuat karyawan akan bisa bekerja dengan lebih efektif.

Untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia skala prioritas sudah tercantum dalam penjaminan mutu perusahaan seperti ISO atau standar operasional perusahaan lainnya. Berikut ini berbagi tips tiga langkah utama yang harus diambil untuk mendapatkan prioritas Anda :

Langkah 1 – Tuliskan seluruh kegiatan dan tugas-tugas pada hari ini
Caranya : buatlah daftar segala sesuatu yang ingin Anda lakukan pada hari ini, bersama dengan batas waktu yang Anda miliki. Jangan hanya mengandalkan ingatan Anda - tulis di atas kertas

Langkah 2 - Berikan nilai “pengaruh” untuk setiap tugas atau kegiatan yang ditulis diatas
Gunakanlah skala 1 sampai 10, dimana nilai 1 artinya kegiatan / tugas tersebut “ tidak penting “, dan 10 artinya "sangat penting"

Langkah 3 – Kelompokan menurut urutan “kepentingannya”
Tentukanlah prioritas “ A “ untuk tugas-tugas dengan nilai di atas 7 ; prioritas “ B “ untuk nilai – nilai antara 4 sampai 6 ; dan prioritas “ C “ untuk nilai di bawah 3.

Lebih baik lagi bila,diskusikan pendapat Anda ( sebagai penerima tugas ) dengan atasan ( si pemberi tugas ) dan mintalah saran-saran mengenai prioritas waktu yang telah disusun. Tujuannya : Supaya kedua belah pihak memiliki prioritas kerja yang sama pada hari itu.

Selamat bekerja dan berkarya ....

(Red.Humas Saintek;Ch/Disarikan dari materi Breafing Senin 24 Februari 2014 )

Kolom Terkait

Kolom Terpopuler

Arsip Pengumuman
Arsip Berita
Arsip Agenda
Arsip Kolom