Rabu, 22 November 2017 09:05:59 WIB Dilihat : 52 kali

Selama 4 Hari (21 s/d 24/11/17) UIN Sunan Kalijaga mengikuti International Islamic Education Expo 2017, yang diselenggarakan Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, Kementerian Agama RI, di ICE BSD City Serpong. Berbagai karya inovasi dan pengembangan akademik UIN Sunan Kalijaga dipamerkan pada agenda besar ini. Bersama Tujuh fakultas yang lain (Ushuliddin dan Pemikiran Islam, Dakwah dan Komunikasi, Adab dan Ilmu Budaya, Syari’ah dan Hukum, Sosial Humaniora, Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Ekonomi dan Bisnis Islam) dan Program Pascasarjana yang menampilkan karya-karya pengembangan akademik, Fakultas Sains dan Teknologi menampilkan karya-karya teknologi inovatif.

Yang pertaman; Produk Kolaboratif antara Desain Industri dengan Teknik Elektro. Bentuk karya desain lampu arus DC berbahan bakar perpaduan tanah liat dengan air atau air garam. Desain Lampu dilengkapi rakitan elektrolid dari paduan tanah liat dan air atau air garam. Jika dengan air akan berdaya lemah, dan jika dengan air garam akan berdaya lebih kuat. Voltase dan arus listrik yang dihasilkan dari rakitan tanah liat dan air garam bisa disalurkan untuk membuat lampu listrik menyala. Untuk membuat daya yang lebih besar lagi bisa dikembangkan dengan arus AC.

Sementara dari sisi pengembangan desain produk, dikembangkan desain-desain sesuai kebutuhan konsumen, dengan menggunakan metode QFD (Quality Function Deployment). Karya ini merupakan karya kolaboratif dari Trio Yonathan Tejo Kusumo, ST., MT., (Dosen Prodi Teknik Industri yang juga merupakan alumni UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta), Muhammad Ja’far Abdurrahman dan Vindy Vitriana (Mahasiswa Prodi Teknik Industri, Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Sunan Kalijaga). Dari inovasi ini bisa dikembangkan rakitan berbagai desain produk kebutuhan masyarakat seputar energi listrik.

Karya kedua yang ditampilkan berupa: Inovasi kruk sebagai tempat duduk. Hasil karya Taufiq Aji, M.T. (Dosen Prodi Teknik Industri, Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Sunan Kalijaga) ini dilatarbelakangi dari orang-orang lanjut usia yang kebanyakan dalam sholat melakukannya dengan duduk. Dimana dalam penerapan sehari-hari masih menggunakan kursi sebagai sarana penunjang aktivitas sholat mereka. Berangkat dari itu mahasiswa Prodi Teknik Industri UIN Sunan Kalijaga berinovasi dengan merancang desain produk kruk yang bisa digunakan sebagai tempat duduk. Produk ini dasarnya hanya sebuah kruk biasa tetapi didesain agar penggunanya juga bisa menggunakannya sebagai tempat duduk dengan cara membuka kedua bagian kruk hingga melebar seperti kursi yang ada penyangganya. Sehingga dalam prakteknya pengguna kruk tidak perlu resah lagi jika suatu saat ingin melaksanakan sholat menggunakan tempat duduk dimana ia tidak mendapati kursi di masjid tersebut. Selain itu produk ini juga berfungsi bagi pengguna kruk yang merasa lelah tetapi tidak mendapati kursi dimana ia berada.

Karya ketiga berupa: alat pengukur dimensi tubuh digital. Alat ini merupakan hasil karya Trio Yonathan Tejo Kusumo, ST., MT. dan Faurosi (Mahasiswa Prodi Teknik Industri, Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Sunan Kalijaga) yang berupa inovasi pengukuran dimensi tubuh dengan menggunakan kamera. Jadi orang yang akan diukur dimensi tubuhnya cukup berdiri di depan kamera dan hasilnya muncul dilayar komputer.

Mereka saat ini juga sedang mengembangan desain produk listrik berbahan bakar sampah. Pengembangan ini dilakukan sebagai upaya penanggulangan polusi sampah. Sampah-sampah yang sudah tidak bisa dimanfaatkan atau di daur ulang, bisa dimanfaatkan melalui pembakaran. Asap yang dihasilkan dari pembakaran sampah ditampung untuk diubah menjadi energi listrik. Pengembangan inovasi ini sudah sampai pada tahap membuatan prototipe.

Menurut Dekan Fakultas Saintek UIN Sunan Kalijaga, Dr. Murtono, Karya karya inovatif di kampus UIN Sunan Kalijaga terus digali dan dikembangkan sebagai komitmen untuk mengembangkan eksperimental science. Banyak yang sudah dihasilkan dari implementasi keilmuan eksperimental ini, berupa prototipe-prototipe untuk dikembangkan menjadi produk-produk yang dibutuhkan masyarakat. Seperti closed nyaman untuk usia lanjut dan difabel, berbagai inovasi media pembelajaran baik berupa rangkaian manual maupun berbasis TI dan banyak lagi. Yang berupa riset, seperti riset produk halal, rantai pasok dan sebagainya dalam bentuk draft dan pengembangan. Diharapkan segera selesai dalam waktu dekat.

Selain itu, Fakultas Sains dan Teknologi juga menampilkan kajian ilmiah pengembangan akademik Sains dan Teknologi berupa buku dan jurnal. Diantaranya; karya Dr. Widodo, Prof. Dr. Susiknan , MA., Dr. M. Farhan Qudratullah, Dr. Sri Utami Zuliana, Dr. Epha, Dr. Thaqibul Fikri N dan Dr. Masroer, Dr. Ibrahim dan Dr. Suparni, Dr. M. Ja’far Luthfi, dan lain-lain. Buku karya Mahasiswa: Biodiversitas UIN Sunan Kalijaga dan Ensiklopedia Keanekaragaman Belalang Taman Hutan Raya Bunder Guningkidul. Serta berbagai prestasi yang berhasil diraih para Mahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi dalam ajang kompetisi di tingkat nasional (Humas)

Berita Terkait

Berita Terpopuler

Arsip Pengumuman
Arsip Berita
Arsip Agenda
Arsip Kolom