Selasa, 19 September 2017 11:08:37 WIB Dilihat : 99 kali

Mahasiswa dari 10 Prodi (Matematika, Fisika, Biologi, Kimia, Pendidikan Matematika, Pendidikan Fisika, Pendidikan Kimia, Pendidikan Biologi, Teknik Informatika dan Teknik Industri) di Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta mengikuti kuliah umum di Ruang Teatrikal kampus Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Sunan Kalijaga, Senin (18/9/17). Forum yang juga dihadiri ratusan mahasiswa eksak dari beberapa universitas di Yogyakarta ini, mendatangkan Narasumber Prof. Bernd Udo Wiechert (Senior Experten Service) dari Jerman. Prof. Bernd Udo memaparkan materi tentang Teknologi Biomekanika untuk memproduksi tiruan organ fisik manusia dalam materinya yang berjudul “Biomechanic and Disability.”

Prof. Bernd Udo memaparkan, Teknologi biomekanika sukses dikembangkan di Jerman. Saat ini telah banyak diaplikasikan untuk para penyandang disabilitas. Indonesia juga bisa mengembangkan teknologi biomekanika ini agar banyak penyandang disabilitas di negeri ini bisa terbantu. Para mahasiswa hendaknya bisa berekperimen di bidang biomekanika untuk menghasilkan inovasi-inovasi yang cocok dengan kebutuhan para penyandang disabilitas di Indonesia. Atau bisa juga para mahasiswa terdorong semangatnya untuk bereksperimen melahirkan produk-produk lain sesuai imajinasi yang didasari bidang keilmuannya. Berawal dari imajinasi terdorong melahirkan karya-karya yang bermanfaat, kata Bernd Udo.

Disampaikan, pengembangan organ tubuh buatan yang memiliki kemampuan sama dengan organ bawaan manusia sangat dimungkinkan. Dan telah banyak membuat penyandang disabilitas di negaranya menjadi nyaman lagi dalam beraktifitas seperti orang normal. Bernd Udo memperjelas paparannya dengan melalui gambar-gambar skema anatomi alat gerak manusia, material pengembangan biomekanika, mekanisme gerak organ buatan, dan metode pengembangan biomekanika yaitu: Newtonic Mechanism, Mechanical Analysys, Structional Analisys, Dynamics, Numerical/ Compter Simulation.

Bernd Udo juga memperlihatkan karya-karya organ fisik manusia dari teknologi biomekanika melalui tayangan video; tentang bagaimana proses pembuatannya, bagaimana proses penyesuaian karya organ tiruan dengan fisik orang yang akan menggunakannya, bagaimana proses pemasangan pada fisik penyandang disabilitas, sampai tayangan tayangan para penyandang disabilitas yang bisa bergerak bebas dan nyaman dengan bantuan organ tiruan (penari, motivator, pelari dan lain-lain). Ditayangkan juga seorang pemain terompet yang memainkan alat musik terompet dengan menggunakan jari kaki. Pemain terompet melatih kakinya untuk menggantikan fungsi tangan, dan terlihat betapa bahagianya dia meskipun tidak memiliki tangan. Dia akan bisa lebih bersyukur lagi bila kita bisa membantunya membuatkan tangan tiruan yang nyaman, kata Bernd Udo.

Selain untuk manusia, teknologi biomekanika juga dapat diaplikasikan untuk binatang. Bernd Udo mempertunjukkan tayangan video seekor gajah Thailand bernama Marsha yang kehilangan kakinya, dan menggantikan dengan kaki tiruan hasil teknologi biomekanika.

Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Dr. M. Ja’far Luthfi yang hadir pada forum tersebut menyampaikan, materi yang dibahas pada forum ini adalah tentang prinsip-prinsip biomekanika, anatomi tubuh dan kaitannya dengan pengembangan metode dalam bidang prostetik dan ortoptik merupakan ilmu terapan. Forum yang merupakan kerjasama antara Kementerian Agama RI dan Pemerintah Jerman melalui Program Senior Experten Service ini masih akan terus berlanjut dalam rangka lebih memajukan UIN Sunan Kalijaga dan mendorong para mahasiswa giat melakukan eksperimen-ekperimen untuk menghasilkan karya (Weni/Suryo-Humas).

Berita Terkait

Berita Terpopuler

Arsip Pengumuman
Arsip Berita
Arsip Agenda
Arsip Kolom