Senin, 11 September 2017 10:38:46 WIB Dilihat : 147 kali

Untuk mendukung visi Indonesia 2030 menciptakan masyarakat Indonesia yang maju, mandiri dan berdaya saing tinggi, UIN Sunan Kalijaga harus bisa menghasilkan lulusan yang berkualitas sesuai harapan Pemerintah dan stakeholder. Oleh karena itu perlu didukung tumbuh suburnya karya-karya riset inovatif dan publikasi ilmiah sampai ke tingkat internasional. Untuk memacu itu semua Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Kalijaga menyelenggarakan Konferensi Internasional Biology, Medicine and Natural Product Chemistry, bertempat di Gedung Prof. R.H.A. Soenardjo, Selasa, 12/9/17. Forum ini dibuka Wakil Rektor II (Bidang Akademik) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Dr. Phil. Sahiron.

Ketua panitia konferensi (Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama), Dr. Muhammad Ja’far Luthfi dalam laporannya mengatakan, lebih dari 220 orang ahli, peneliti, dosen dan mahasiswa baik dari dalam dan luar negeri hadir pada International Converence On Science And Engineering (ICSE) 2017 ini. Tidak kurang dari 82 karya riset bidang eksakta dalam dan luar negeri dipresentasikan di hadapan peserta konferensi.

Forun ini menjadi moment penting untuk merintis Jurnal Biology, Medicine and Natural Product Chemistry menuju internasionalisasi Jurnal dan menjadi satu-satunya Jurnal Internasional Eksakta yang berbahasa Inggris di kampus UIN Sunan Kalijaga. Karya riset yang dipresentasikan, setelah disempurnakan akan dimuat dalam Jurnal ini. Selanjutnya akan diperjuangkan untuk bisa segera terindeks Scopus, terindeks DOAJ dan Proceeding.

Forum ini menghadirkan Keynote Speech; Bernd Udo Wiechert (Senior Experten Service,Germany) dengan paparannya; Applied Biomechanics: Prosthetic andorthopaedics. Associate Professor Ferry Jie, PhD., School of Business and Law, Edith Cowan University Joondalup, Western Australia dengan paparannya;Supply Chain Design for Global Competitiveness, Prof. Dr. Eng. Syafruddin, S.T., M. Eng. (Hasanudin University, Makassar) dengan paparannya; Review of Maximum Power Point Tracking Control of Photovoltaic Systems in case ofuniform & non-uniform irradiance conditions. Scientific Committee;Kifayah Amar, Ph.D. (UIN Sunan Kalijaga), Dr. Cahyono Sigit Pramudyo (UIN Sunan Kalijaga), Dwi Agustina Kurniawati, Ph.D. (UIN Sunan Kalijaga), Dr. Widodo (UIN Sunan Kalijaga), Yusri Syam Akil, Ph.D. (Universitas Hasanuddin), Dr. Eng. Intan Sari Areni (Universitas Hasanuddin), Dr. Saiful Mangngenre (Universitas Hasanuddin), Dr. Is Fatimah (Universitas Islam Indonesia), Drs. Allwar, Ph.D. (Universitas Islam Indonesia), Riyanto, Ph.D. (Universitas Islam Indonesia), Assoc. Prof. Dr. Mahanem Mat Noor (National University of Malaysia). Steering Committe, Prof. Drs.Yudian Wahyudi, M.A., Ph.D. (Rertor UIN Sunan Kalijaga), Dr. Murtono (Dekan Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Kalijaga), Agung Fatwanto, Ph.D., (Wakil Dekan Bidang Akademik Fakultas Saintek UIN Sunan Kalijaga), Dr. Hamdan Daulay (Wakil Dekan Bidang Administrasi Umum Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Kalijaga).

Sohiron dalam sambutan pembukaannya menambahkan, keberadaan Fakultas Sains dan Teknologi sangat penting artinya bagi UIN Sunan Kalijaga untuk cepat go internasional. Oleh karenanya, proses pembelajaran dan penelitian terus ditingkatkan. Rintisan jurnal internasional eksakta diharapkan memacu para peneliti dan para dosen Fakultas Sains dan Teknologi menghasilkan karya – karya riset terapan yang mengintegrasikan keilmuan eksakta dengan nilai – nilai Islam (al-Qur’an) sebagai core value UIN Sunan Kalijaga. Melalui publikasi jurnal yang terindeks Scopus maupun dalam bentuk proceeding.

Bernd Udo Wiechert dalam paparannya menyampaikan, temuan-temuan riset Biomekanik mewarnai tren kini dan masa depan. Beberapa aplikasi mekanika Newton dan atau ilmu material dimanfaatkan dalam banyak sistem biologis. Mekanika terapan, seperti mekanika kontinum, analis mekanisme, analis struktural, kinematika dan dinamika berperan penting dalam studi dan pengembangan karya-karya Biomekanika dalam rangka menopang kesejahteraan dan kenyamanan hidup manusia.

Metode yang diterapkan adalah metode numerik, dengan penelitian berulang-ulang, dari hipotesis, verifikasi, tahap-tahap pemodelan, simulasi komputer, pengukuran eksperimental. Hingga proses Prostetik dan Orthotics dalam disiplin ilmu klinis dan menghasilkan karya tungkai tiruan untuk kepentingan perangkat pendukung bagi orang-orang yang mengalami amputasi. Juga orang-orang dengan kelemahan muskuloskeletal atau gangguan neurologis, dan orang-orang cacat lainnya. Pemaduan multidisiplin keilmuan hingga bisa melahirkan Inovasi-inovasi teknologi untuk mengatasi berbagai masalah manusia kekinian dan masa depan penting untuk terus digali, kata Bernd Udo.

Ferry Jie, Ph.D., memaparkan tentang desain rantai pasok untuk daya saing global. Menurutnya, baik buruknya sistem rantai pasok mulai dari bahan baku, komponen produsen menengah, produsen produk akhir, pedagang besar, distributor sampai pengecer berpengaruh terhadap mutu produk dan tinggi rendahnya harga. Sementara baik buruknya rantai pasok terhubung oleh transportasi, aktifitas penyimpanan, terintegrasi dengan perencanaan dan kegiatan informasi. Untuk memperbaiki sistem rantai pasok, banyak perusahaan besar menjauh dari struktur vertikal karena dianggap menghambat. Mereka memilih terintegrasi ke Supplay Chain Management, yakni; koordinasi langsung dengan mitra saluran (pemasok, perantara, penyedia layanan). Kegagalan melakukan proaktif merancang sistem rantai pasok menghasilkan koordinasi usaha yang buruk, sehingga rantai pasok menjadi panjang, kualitas produksi menurun dan keuntungan tidak maksimal. Maka dengan sistem Supplay Chain Management, lebih mudah menggali inovasi dalam konteks jaringan didukung teknologi digital untuk mempercepat rantai pasok, sehingga menurunkan beaya produksi dan menjaga kualitas produk.

Presentasi karya riset para narasember diharapkan memacu sivitas akademika Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Kalijaga untuk menghasilkan karya-karya teknologi terapan. Melalui pendekatan multidisiplin terpadu Ilmu Fisika dan Bumi, Ilmu Hayat, Kimia dan Teknologi Kimia, Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi, Teknik, Matematika dan Statistik, Ilmu Terapan, Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial, sejalan dengan visi fakultas ini, sebagai pusat keunggulan dalam penelitian ilmiah dan teknik, demikian harap Dekan Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Kalijaga, Dr. Murtono, M.Si. (Weni, Doni, Habib, Suryo – Tim Humas UIN Suka).

Berita Terkait

Berita Terpopuler

Arsip Pengumuman
Arsip Berita
Arsip Agenda
Arsip Kolom