Senin, 21 Agustus 2017 10:45:50 WIB Dilihat : 290 kali

Senin (21/08/2017) Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta melaksanakan kegiatan rutin menjelang prosesi wisuda, yaitu kegiatan Pelepasan Wisudawan/Wisudawati. Kegiatan tersebut dihadiri oleh para Pimpinan Fakultas, para Kaprodi dan Sekprodi, dan para calon wisudawan dan wisudawati periode IV tahun akademik 2016/2017. Acara tersebut dilaksanakan di teatrikal Fakultas Sains dan Teknologi. Wisuda Periode IV Tahun Akademik 2016/2017 akan dilaksanakan dua hari yaitu Selasa (22/08/2017) dan Rabu (23/08/2017). Fakultas Sains dan Teknologi mendapatkan alokasi waktu wisuda hari Rabu. Pada periode ini Fakultas Sains dan Teknologi meluluskan 107 mahasiswa.


Kegiatan pelepasan wisudawan dan wisudawati dibuka dengan bacaan Kalam Ilahi yang dibacakan oleh Sdr. Ikhsan dari Prodi Pendidikan Kimia. Selanjutnya Bapak Faozi Barkah, S.Ag., S.H selaku Kepala Sub Bagian Akademik dan Kemahasiswaan, membacakan Surat Keputusan Dekan Fakultas Sains dan Teknologi terkait laporan wisuda periode IV tersebut. Pembacaan laporan tersebut juga diiringi dengan riuh tepuk tangan, karena turut diumumkan wisudawan yang lulus dengan predikat cumlaude beserta wisudawan terbaik.


Sambutan berikutnya dibacakan oleh Drs. Mujiadi, M.Si selaku Kepala Bagian Tata Usaha Fakultas Sains dan Teknolgi mewakili Bapak Dekan yang tidak bisa hadir karena ada tugas lain di luar universitas. Drs. Mujiadi, M.Si berpesan kepada calon wisudawan dan wisudawati agar selepas lulus dari kampus tetap bisa mengamalkan ilmu yang didapat di kampus agar bermanfaat untuk masyarakat luas.


Acara selanjutnya adalah penyerahan penghargaan kepada calon wisudawan/wisudawati yang memperoleh predikat cumlaude dan kepada calon wisudawan/wisudawati yang memperoleh predikat IPK tertinggi. Berikut adalah jumlah calon wisudawan/wisudawati berpredikat cumlaude pada masing-masing prodi: Prodi Matematika 2 mahasiswa, Prodi Pendidikan Kimia 1 mahasiswa, Prodi Pendidikan Biologi 3 mahasiswa, Prodi Teknik Industri 4 mahasiswa, Prodi Fisika 2 mahasiswa, Prodi Teknik Informatika 17 mahasiswa, Prodi Pendidikan Biologi 3 mahasiswa, Prodi Pendidikan Matematika 1 mahasiswa, dan Prodi Pendidikan Fisika 1 mahasiswa. Sedangkan wisudawan yang memperoleh predikar IPK tertinggi adalah Danang Aji Bimantoro dari Prodi Teknik Informatika dengan IPK 3,83 yang lulus dengan masa studi 3 tahun 7 bulan 2 hari. Penghargaan diserahkan oleh masing-masing Kaprodi atau yang mewakili.


Untuk lebih menyemarakkan, menggairahkan, dan memotivasi calon wisudawan/wisudawati dalam acara tersebut juga dihadirkan alumni Pendidikan Kimia Fakultas Sains dan Teknologi yang juga pengusaha muda, beliau adalah Mur Mudiyatsih Cahya Ratna Siwi, S.Pd yang biasa dipanggil Mbak Ratna. Mbak Ratna tersebut merupakan Owner dari beberapa cabang usaha di Ratna Group, salah satu bidang usaha yang linier dengan pendidikan sebelumnya adalah usaha bimbingan belajar yang dirintisnya mulai dari nol. Mbak Ratna menceritakan kisah perintisan usahanya yang hanya dimulai dengan modal yang sangat terbatas. Mbak Ratna berpesan kepada calon wisudawan/wisudawati agar memiliki kemauan yang kuat untuk berwirausaha, karena melalui wirausaha tersebut seseorang bisa berjejaring dan berkembang, bahkan mungkin di luar dari yang diekspektasikan sebelumnya.


Setelah itu acara ditutup dengan bacaan doa yang dibacakan oleh Dr. Bambang Sugiantoro, S.Si., M.T. © thrq

Berita Terkait

Berita Terpopuler

Arsip Pengumuman
Arsip Berita
Arsip Agenda
Arsip Kolom