Senin, 21 Agustus 2017 07:25:24 WIB Dilihat : 263 kali

Setelah melalui Visitasi Re-Akreditasi dari BAN PT, oleh TIM Asesor BAN-PT; Heru Suhartanto, Prof.,Drs.,M.Sc.,Ph.D. (UI) dan Adang Suhendra, Prof.,Dr., Ir.,M.Sc., (Universitas Gunadarma), 10 s/d 11/8/2017 kemarin, Prodi Teknik Informatika, Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Kalijaga berhasil meraih Akreditasi A.

Ditemui di ruang kerjanya belum lama ini, Kaprodi Teknik Informatika, Dr. Bambang Sugiantoro MT., menjelaskan, perolehan Akeditasi A ini ditetapkan melalui SK Nomor; 2380/SK/BAN-PT/Akred/S/VII/2017. Menurut Dr. Bambang, kelengkapan penyajian data saat Visitasi sangat mendukung perolehan Akeditasi A. Data yang terekspose dan dilihat semua oleh Tim Assesor antara lain: Data dan bukti fisik Visi, misi, tujuan dan sasaran, serta strategi pencapaian prodi teknik, data dan bukti fisik Tata pamong, kepemimpinan, sistem pengelolaan, dan penjaminan mutu prodi teknik informatika, data dan bukti fisik Mahasiswa dan lulusan prodi teknik informatika, Data dan bukti fisik Sumber daya manusia (SDM) Dosen dan Tenaga Kependidikan, prodi teknik informatika, data dan bukti fisik Kurikulum, pembelajaran, dan suasana akademik prodi teknik informatika, data dan bukti fisik Pembiayaan, sarana dan prasarana, serta sistem informasi prodi teknik informatika, serta data dan bukti penelitian, pelayanan/pengabdian kepada masyarakat, dan kerjasama prodi teknik informatika.

Data-data itu semua melengkapi tujuh standart penilaian dari Tim Assesor Ban-PT, yakni; Standar 1 Visi, misi, tujuan dan sasaran, serta strategi pencapaian. Standar 2 Tata pamong, kepemimpinan, sistem pengelolaan, dan penjaminan mutu. Standar 3 Mahasiswa dan lulusan. Standar 4 Sumber daya manusia. Standar 5 Kurikulum, pembelajaran, dan suasana akademik. Standar 6 Pembiayaan, sarana dan prasarana, serta sistem informasi. Standar 7 Penelitian, pelayanan/pengabdian kepada masyarakat, dan kerjasama.

Sementara poin terpenting yang sangat berpengaruh mendongkrak Prodi ini dari Akeditasi B ke Akreditasi A adalah; bidang SDM Dosen (Tenaga Pendidikan) prodi teknik informatika dengan bertambahnya banyak Doktor bidang IT lulusan dari Universitas ternama, dari dalam dan luar Negeri. Serta semakin banyaknya Mahasiswa dan lulusan yang berprestasi dalam berbagai ajang perlombaan yang diselenggarakan baik di tingkat lokal, nasional dan internasional, juga semakin banyaknya alumni yang memiliki karier bagus.

Dengan perolehan Akreditasi A ini, Dr. Bambang berharap, Program Studi Teknik Infomatika menjadi rujukan nasional maupun internasional dalam bidang ke-TI-an, mampu menghasilkan lulusan Unggul dan Terkemuka dalam Memadukan serta Mengembangkan Nilai Keislaman dan Keilmuan dalam Bidang Teknik Informatika bagi Peradaban. Disamping itu pihaknya juga berharap, akan semakin banyak lagi Potensi yang bisa dikembangkan setiap alumni TIF. Lebih lebih dengan telah diberlakukannya kurikulum mengacu pada Kurikulum Kualifikasi Nasional Indonesia mulai semester gasal TA 2016/2017 yang selanjutnya disebut dengan Kurikulum 2016. Pada Kurikulum 2016 KKNI, Program studi ini mempunyai empat profil lulusan, diantaranya: System programmer, Network service supervisor, Database Administrator dan Software Engineer (Weni Hidayati-Humas UIN Sunan Kalijaga). Sumber:http://uin-suka.ac.id/id/web/berita/detail/1477/selamat-dan-sukses-prodi-teknik-informatika-fakultas-saintek-uin

Berita Terkait

Berita Terpopuler

Arsip Pengumuman
Arsip Berita
Arsip Agenda
Arsip Kolom