Jumat, 9 Juni 2017 08:11:58 WIB Dilihat : 144 kali

Sejumlah 12 orang Mahasiswa Prodi Kimia, Fakultas Sains dan Teknologi mempresentasikan hasil-hasil penelitiaanya dalam seminar terbuka untuk para mahasiswa, di ruang teatrikal, kampus Sains dan Teknologi, UIN Sunan Kalijaga, Jum’at, 2/6/17. Menurut Sekretaris Prodi Kimia, Irwan, S.Si., M.Sc., ke 12 mahasiswa yang mempresentasikan karya penelitiannya ini merupakan mahasiswa Prodi Kimia yang telah lulus munaqosah. Forum yang dimotori oleh HMPS Kimia bekerjasama dengan Prodi, dimaksudkan untuk mempublikasikan temuan-temuan penelitian mahasiswa untuk para mahasiswa adik kelas sebagai syarat yudisium kelulusan mereka. Selain mempresentasikan hasil-hasil penelitian, calon lulusan sarjana juga diharuskan mengumpulkan poster dan papper hasil penelitian. Semua papper yang terkumpul akan dibukukan dalam periode tertentu sebagai dokumen kumpulan karya-karya penelitian pengembangan akademik mahasiswa Fakultas Sains dan teknologi.

Dijelaskan, karya-karya penelitian yang kemarin dipresentasikan antara lain : Efektifitas Foto Degradasi Zat Warna Alizarine Red-S Menggunakan oksidator Hydrogen Peroksida dan Fotokatalis TiO2 karya Rizki Tejo Nugroho, Uji Foto Degradasi Zat Warna Metylen Blue MenggunakanTiO2 Zeolit dengan Perlakuan Aerasi Sederhana karya Sismiyati, Foto Degradasi Zat Warna Rodhamine B menggunakan TiO2-Zeolit dengan Perlakuan Aerasi Sederhana karya Lik Yuniastika, Pemanfaatan Limba Cair Industri Tekstil sebagai Substrat Penghasil Electron pada System Dual-Chamber Microbial Fuel Cell (MFC) karya Eka Fadzillah, Analisis Rhodamin B pada Saus Tomat secara Spectrofotometri karya Oktavia Arum Darmayanti, Analisis Formalin pada Mie Basah secara Spectrofotometri UV-Vis karya Wahyuni Rohmawati, Sintesis C-Heptilkalis (4) Resorsinarena dengan Metode Microwave Assisted Organic Synthesis (MAOS) dan Penggunaannya sebagai Absorben Ion Logam Pb (II) karya Priesta Romukti Dermawan, Penggunaan Methanol-Ethanol pada Reaksi Trans Esterifikasi dalam Pembuatan Biodiesel dari Minyak Jelantah (Wastes Cooking Oil) dengan Menggunakan KOH sebagai Katalis karya Laila Nurul Ulfa Murtadio, Pengolahan Limbah Cair Industri Gula Menggunakan Koagula PAC (Poly Alumunium Chloride dan Flokulanoganoclay (bentonite-poly DADMAC (poly-diadilil dimethyl ammonium cloride) karya Desy Miftahur Rohmah, Studi Pemurnian Minyak Pelumas Bekas dengan Metode Acid-Clay Treatment dan Kombinasi Alkilbenzensulfonat sebagai Upaya Pengolahan Minyak Pelumas Bekas menjadi Base Oil karya Muhammad Fariq Dermawan.

Menurut Irwan, seminar karya-karya penelitian mahasiswa penting artinya bagi pengembangan akademik Prodi Kimia. Selain untuk mengkritisi demi kesempurnaan penelitian, juga membuka wawasan dan memberi gambaran praktis penerapan metodologi dalam proses penelitian dan hasil-hasil riset yang bermanfaat bagi pengembangan akademik maupun pembangunan masyarakat. Selain itu juga memberi gambaran kepada adik adik kelas mereka tentang berbagai minat penelitian yang bisa dikembangkan lebih lanjut. Seperti bidang minat pangan, material dan lingkungan (Weni Hidayati-Humas Saintek).

Berita Terkait

Berita Terpopuler

Arsip Pengumuman
Arsip Berita
Arsip Agenda
Arsip Kolom