Selasa, 30 Mei 2017 09:40:27 WIB Dilihat : 310 kali

Dekanat dan Kaprodi Teknik Informatika Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Sunan Kalijaga mengikuti Forum Dekan Fakultas Sains dan Teknologi, PTKIN se-Indonesia. Forum ini diikuti oleh para Dekan dan Ka-Prodi Sistem Informasi, Prodi Ilmu Komputer dan Prodi Teknik Elektro UIN se-Indonesia. Forum Dekan yang diikuti 9 Fakultas Sains dan Teknologi, di lingkup PTKIN ini di selenggarakan di kampus UIN Sultan Syarif Kasim Pekan Baru, Riau. Pertemuan 9 Dekanat PTKIN selama 3 hari (18 s/d 20 Mei 2017) tersebut melahirkan MoU pengembangan Tri Dharma Prodi Teknik Informatika, Prodi Sistem Informasi, dan Prodi Teknik Elektro, yang meliputi pengembangan akademik, penelitian dan pengabdian masyarakat. 13 Prodi dari 9 PTKIN diwakili para Dekan yang melakukan penandatanganan MoU tersebut adalah: UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, UIN Alauddin Makassar, UIN Sunan Gunung Djati Bandung, UIN Sultan Syarif Kasim Riau, UIN Sumatera Utara, UIN Sunan Ampel Surabaya, UIN Raden Fatah Palembang dan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Ketua Prodi Teknik Informatika, Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Sunan Kalijaga, Dr. Bambang Sugiantoro, sepulang dari agenda ini menyampaikan, melalui MoU tersebut ke 9 Dekan antara lain menyatakan bahwa, dengan semangat kemitraan dan kekuasaan, akan mewujudkan kerjasama yang saling menguntungkan sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku. Semua pihak yang terlibat sepakat untuk menjalin kerjasama dengan ketentuan antara lain : 1. Kerjasama bertujuan untuk memanfaatkan kemampuan dan sumber daya yang dimiliki semua pihak secara maksimal dan sebaik-baiknya, agar lebih berhasil dalam mengembangkan lembaga pendidikan tinggi. 2. Ruang lingkup pengembangan meliputi pengembangan akademik, pengelolaan laboratorium, penelitian, pengabdian masyarakat, dan kegiatan-kegiatan yang berpotensi untuk mempromosikan dan mengaplikasikan berbagai produk hasil penelitian. 3. Semua pihak yang terlibat kerjasama sepakat untuk saling berkontribusi dalam memperkuat dan mengoptimalkan penggunaan sumber daya dalam rangka pengembangan dan peningkatan kualitas pendidikan tinggi dan penelitian di Indonesia. 4. Anggaran pelaksanaan program-program bersama diatur berdasarkan musyawarah. 5. Kerjasama berlangsung selama 5 tahun sejak ditandatanganinya MoU dan dapat diperpanjang, diubah, atau diakhiri dengan persetujuan semua pihak yang terlibat kerjasama.

Menurut Dr. Bambang Sugiantoro, sebelum melakukan MoU, Forum Dekanat kali ini diawali dengan diselenggarakannya Workshop dengan menghadirkan Narasumber Dr. dr. H.A. Armyn Nurdin, M.Sc. yang menyampaikan materi “Variabilitas Genetik ke Variabilitas Iman (Suatu Kajian teminologi Kedokteran terhadap Makna Al Qur’an).” Dilanjutkan Forum Group Discussion para Kaprodi dalam rangka merumuskan bentuk implementasi Integrasi Islam dan Sains dalam Kurikulum dan Pembelajaran di Kelas. Agenda Forum Dekanat diakhiri dengan kunjungan wisata ke Siak Sri Indrapraja, ke lingkungan masyarakat Islam Siak Sri Indrapraja dan Pasar Wisata Pekan Baru (Weni Hidayati-Humas Saintek)

Berita Terkait

Berita Terpopuler

Arsip Pengumuman
Arsip Berita
Arsip Agenda
Arsip Kolom