Selasa, 23 Mei 2017 10:36:37 WIB Dilihat : 134 kali

Sejumlah 23 buah media/alat peraga pembelajaran dipamerkan di pelataran kampus Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Sunan Kalijaga, Jum’at, 19/5/17. Berbagai media/alat peraga pembelajaran mata pelajaran fisika ini merupakan hasil karya para mahasiswa Prodi Pendidikan Fisika, kampus setempat.

Menurut Sekretaris Prodi Pendidikan Fisika, Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Sunan Kalijaga, Ika Kartika, M.Pd.Si., dalam sambutannya saat membuka ajang kreatifitas mahasiswa ini antara lain menyampaikan, media/alat peraga pembelajaran ini merupakan tugas akhir setelah para mahasiswa mengikuti mata kuliah media pembelajaran satu semester. Kali ini sejumlah 46 mahasiswa, dimana tiap 2 orang mahasiswa membuat satu media peraga pembelajaran, sehingga jumlahnya menjadi 23 media. Mereka diwajibkan membuat media pembelajaran untuk siswa SMU dan yang sederajat klas X. Ke depan akan ditindaklanjuti membuat media peraga pembelajaran untuk klas XI dan XII.

Forum ini mengundang para guru fisika SMU dan yang sederajad di lingkungan Yogyakarta (SMAN I, II dan III, MAN I, II dan III, MAN Wonokromo, MAN Lab. UIN Sunan Kalijaga dan lain-lain) untuk mengkitisi hasil karya para mahasiswa, supaya bisa disempurnakan lagi. Setelah final (disempurnakan) peralatan ini akan disumbangkan kepada sekolah sekolah yang membutuhkan sebagai kegiatan bakti sosial para mahasiswa.

Sementara itu, Wakil Dekan III (Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama), Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Sunan Kalijaga, Dr. Ja’far Luthfi mengatakan, forum ini bisa dimanfaatkan sebagai ajang berbagi ilmu dan pengalaman tentang pola pengajaran fisika antar guru di lingkup Yogyakarta. Dengan berbagi pengalaman diharapkan akan memperkaya wawasan para guru tentang bagaimana pembelajaran fisika yang efektif. Para mahasiswa juga akan mendapat banyak pengalaman dari para guru. Dr. Ja’far Luthfi berharap, media peraga pembelajaran fisika hasil karya para mahasiswanya ini setelah disempurnakan bisa diterima oleh sekolah-sekolah SMU sebagai bentuk pengabdian supaya bisa dimanfaatkan secara optimal dan sebagai upaya ikut serta mengembangkan pembelajaran fisika. Ia juga berharap, kerjasama kemitraan antara sekolah-sekolah di lingkungan Yogyakarta dengan Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Kalijaga bisa terus ditingkatkan sebagai upaya meningkatkan kualitas pembelajaran.

Ke duapuluh tiga media peraga pembelajaran yang dipamerkan adalah : Keseimbangan Benda Tegar Variasi Sudut, Viskositas, Bidang Miring Var Koef Ges, The Magic Pendulum, Tumbukan, Resonansi Bunyi, Keseimbangan Benda Tegar pada Fenomena Jembatan Variasi Jarak dan Massa Beban, Hukum Archimedes, Sonometer, Hubungan Roda pada Gerak Melingkar, Koefisien Statis Benda, Pegas Dinamis, Gerak Menggelinding pada Bidang Miring, (Momen Enersia), GMB, Termoskop, Gerak Proyektil, Alat Ukur TI Bunyi (SLM), Visualisasi Sinar Istimewa, Atwood Mechine, Alat Ukur Intensitas Cahaya (Weni Hidayati-Humas Saintek).

Berita Terkait

Berita Terpopuler

Arsip Pengumuman
Arsip Berita
Arsip Agenda
Arsip Kolom