Kamis, 1 September 2016 09:02:53 WIB Dilihat : 988 kali

Dekan Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Kalijaga, Dr. Murtono, M.Si., melantik ketua dan sekretaris jurusan Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Kalijaga untuk masa jabatan tahun 2016 s/d 2020, bertempat di ruang pertemuan kampus setempat, Rabu, 31/8/16. Mereka yang dilantik antara lain : Dr. M. Wakhid Musthofa, M.Si., sebagai Ketua Jurusan Matematika, Dr. Thaqibul Fikri Niyartama, M.Si., sebagai Ketua Jurusan Fisika, Dr. Susy Yunita Prabawati, M.Si., sebagai Ketua Jurusan Kimia, Erny Qurrotul Ainy, S.Si., M.Si., sebagai Ketua Jurusan Biologi, Mulin Nu’man, S.Pd., M.Pd., sebagai Ketua Jurusan Pendidikan Matematika, Drs. Nur Utoro, M.Si., sebagai Ketua Jurusan Pendidikan Fisika, Karmanto, S.Si., M.Sc., sebagai Ketua Jurusan Pendidikan Kimia, Dr. Widodo, S.Pd., M.Pd., sebagai Ketua Jurusan Pendidikan Biologi, Kifayah Amar, S.T.,M.Sc.,Ph.D., sebagai Ketua Jurusan Teknik Industri, Dr. Bambang Sugiantoro, M.T., sebagai Ketua Jurusan Teknik Informatika, Moh Farhan Qudratullah, S.Si., M.Si., sebagai Sekretaris Jurusan Matematika, Asih Melati, S.Si., M.Sc., sebagai Sekretaris Jurusan Fisika, Irwan Nugraha, S.Si., M.Sc., sebagai Sekretaris Jurusan Kimia, Najda Rifqiyati, S.Si., M.Si., sebagai Sekretaris Jurusan Biologi, Suparni, S.Pd., M.Pd., sebagai Sekretaris Jurusan Pendidikan Matematika, Ika Kartika, S.Pd., M.Pd.Si., sebagai Sekretaris Jurusan Pendidikan Fisika, Jamil Suprihatiningrum, M.Pd.Si., sebagai Sekretaris Jurusan Pendidikan Kimia, Sulistiyawati, S.Pd.I., M.Si., sebagai Sekretaris Jurusan Pendidikan Biologi, Siti Husna Ainu Syukri, S.T., M.T., sebagai Sekretaris Jurusan Teknik Industri.

Sejumlah 19 orang Kaprodi dan Sekprodi ini dilantik berdasarkan SK. Nomor 063/S.T. Tahum 2016. Dr. Murtono dalam sambutannya selesai melantik antara lain menyampaikan, kepemimpinan di Fakultas Sains dan Teknologi adalah amanat yang akan bergilir terus untuk semua dosen. Semua dosen harus siap kapan saja ditunjuk untuk memimpin jurusan masing-masing. Kepemimpinan jangan semata-mata dipandang sebagai perolehan kekuasaan, tetapi adalah tanggung-jawab yang harus dilaksanakan sebaik-baiknya. Implementasinya adalah melayani semua yang membutuhkan dengan sebaik-baiknya dan memiliki visi ke depan untuk memajukan Fakultas Sains dan Teknologi.

“Jadilah pemimpin sepertidalam cerita pewayangan sebagai contohPrabu Yudistira.Iamengesampingkan mahkota, sederhana dan melayani dengan baik, juga sebagai sosok pemimpin yang sangat iklas melayani. Atau seperti yang digambarkan oleh Sunan Kalijaga yang difilosofikan dalam lagu Jawa “Gundul-Gundul Pacul”. Gundul menggambarkan pemimpin yang tidak bermahkota, tidak mengedepankan kekuasaannya, pacul menggambarkan masyarakat kecil. Jadi pemimpin hendaknya tidak mengedepankan kekuasaannya, tetapi pelayanan yang baik terhadap masyarakat dan memperjuangakan kesejahteraan masyarakat.

Untuk memegang amanat kepemimpinan, 4 indera harus dipakai sebaik baiknya dan hati hati. . Yakni: mata, telingga, mulut dan hidung. Nyunggi wakul artinya membawa amanat. Maka tidak boleh gembelengan (sombong, congkak). Kalau pemimpin dalam memegang kepemimpinannya gembelengan (sombong dan congkak), maka wakul ngglimpang (amanat berantakan/amburadul). Segone dadi sak latar (amanat akan berantakan).

Ilustrasi yang digambarkan oleh Sunan Kalijaga hendaknya diresapi setiap pimpinan di lingkungan Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Kalijaga, supaya kepempimpinan di lingkungan Fakultas Sains dan Teknologi UIN unan Kalijaga ini bisa menjadi contoh kepemimpinan yang lain,” demikian papar Dr. Murtono. (Weni Hidayati-Humas Saintek).

Berita Terkait

Berita Terpopuler

Arsip Pengumuman
Arsip Berita
Arsip Agenda
Arsip Kolom