Selasa, 2 Juli 2013 15:57:19 WIB Dilihat : 4191 kali

Akreditasi Prodi Teknik Informatika

Status akreditasi suatu perguruan tinggi merupakan cermin kinerja perguruan tinggi yang bersangkutan dan menggambarkan mutu, efisiensi, serta relevansi suatu program studi yang diselenggarakan.

Program studi Teknik Informatika fakultas Sains dan Teknologi baru saja menyelenggarakan penilaian program studi (akreditasi) yang diselenggarakan Badan Akrediatasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) pada 24-25 Juni 2013 di ruang Rapat Fakultas Sains dan Teknologi. Dua asesor dari dosen ITB dan UI diutus untuk memberi penilaian terhadap mutu prodi Teknik Informatika yang berdiri pada tahun 2005.

Akreditasi program studi oleh BAN-PT sudah merupakan kegiatan rutin lima tahunan, dan menjadi kegiatan yang kedua kali diajukan prodi Teknik Informatika setelah pertama kali pada tahun 2008. Proses akreditasi dalam sistem pendidikan nasional diarahkan pada tujuan ganda yaitu menginformasikan kinerja perguruan tinggi kepada masyarakat dan mengemukakan langkah pembinaan yang perlu ditempuh terutama oleh perguruan tinggi dan pemerintah, serta partisipasi masyarakat.

Saat proses akreditasi asesor dari BAN-PT menyempatkan diri mengunjungi Laboratorium Agama Masjid UIN Sunan Kalijaga dan Pusat Komputer dan Sistem Informasi (PKSI) UIN Sunan Kalijaga. Karena keterbatasan waktu, hanya dua fasilitas tersebut yang bisa dikunjungi untuk menunjukkan sarana dan prasarana pendukung penyelenggaraan program studi.

Agus Mulyanto S.Si., M.Kom. mengatakan, dari dua hari visitasi yang ditetapkan asesor BAN-PT kita maksimalkan untuk menjawab pertanyaan yang diajukan asesor agar bisa menaikkan nilai akreditasi prodi Teknik Informatika. “ Sivitas akademik seperti dosen, karyawan, mahasiswa dan alumni kita libatkan dalam proses akreditasi tersebut” kata Agus Kaprodi Teknik Informatika.

Berita Terkait

Berita Terpopuler

Arsip Pengumuman
Arsip Berita
Arsip Agenda
Arsip Kolom