Rabu, 5 September 2012 08:23:28 WIB Dilihat : 3873 kali

erna_wahyuni

SAMBUTAN PERWAKILAN WISUDAWAN/WISUDAWATI

PADA RAPAT SENAT TERBUKA PERIODE III TAHUN AJARAN 2011/2012

UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

Gedung Multipurpose, Kampus UIN, 1 September 2012

Bismillahirohmanirrohiem,

Yth. Bapak Jusuf Kalla beserta rombongan.

Yth. Bapak Rektor sekaligus Ketua Senat Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta,

Yth. Para anggota Senat UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta,

Yth. Para Pejabat Struktural dan Unsur Pimpinan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta,

Yth. Para Dosen dan Karyawan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta,

Yth. Ketua Ikatan Alumni UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta,

Yth. Para Fungsionaris Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta,

Yth. Orang Tua Mahasiswa dan Keluarga Wisudawan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, tamu Undangan, serta seluruh Hadirinyang berbahagia.

Assalamualaikum Wr. Wb

Perkenalkan saya berdiri di sini mewakili teman-teman wisudawan/wisudawati untuk menyampaikan sepatah kata pada hari yang berbahagia ini. Puji syukur marilah kita panjatkan kehadirat Allah SWT, karena atas limpahan taufiq serta hidayah-Nya kita dapat berkumpul di gedung multypurpose dengan kondisi sehat wal afiat. Sholawat serta salam semoga selalu tercurah pada junjungan kita Nabi Agung Muhammad SAW, sebagai suri tauladan sejati sampai akhir jaman.

Hadirin yang berbahagia,

Melalui rangkaian waktu yang tidak singkat dan perjuangan yang tidak mudah, akhirnya kami dapat menyelesaikan tahapan jenjang pendidikan . Kemudian pada hari ini kami berada di ruang ini dengan sebutan Wisudawan- Wisudawati. Sungguh sebuah predikat yang kami raih ini melalui proses dan perjalanan yang cukup panjang dengan segala dinamikanya. Yang kami peroleh hari ini bukanlah jerih payah dari diri kami semata. Kesemuanya tidaklah lepas dari doa, dukungan, motivasi dari semua pihak. Untuk itu perkenankanlah pada kesempatan ini kami mengucapkan terima kasih kepada UIN Sunan Kalijaga yang memberikan kepada kami kesempatan untuk belajar dan berkarya. Terima kasih untuk seluruh pimpinan Universitas,seluruh pimpinan fakultas, jurusan maupun program studi, dosen-dosen, dan seluruh staff non akademik yang telah membantu dan memfasilitasi kami dalam mendalami keilmuan kami. Terima kasih untuk fasilitas kelas-kelas kuliah, untuk nuansa belajar yang islami, untuk inspirasi-inspirasi, untuk perdebatan-perdebatan ilmiah, untuk canda dan tawa, yang semuanya penting dalam proses pendewasaan kami sebagai insan-insan akademis.Semoga segala ilmu yang telah kami terima selama ini bisa menjadi ilmu yang bermanfaat,bisa kami sebar dan aplikasikan sehingga ,menjadi suatu amal jariyah yang berkelanjutan.

Hadirin yang saya hormati

Rasa terima kasih jugakami persembahkan kepada orangtua dan keluarga,Segala yang kami capai saat ini adalah berkat kasih sayang, kesabaran, kerja keras, keringat bahkan terkadang air matayang begitu tulus dari mereka.Tiada kata lain selain ucapan terimakasih yang tiada terhingga, semoga Alloh membalas segala bentuk kebaikan dengan berlipat ganda.

Ayah ibu tersayang, rasanya baru kemarin Ayah dan Ibu mengantar kami ke kampus ini, namun waktu berjalan begitu cepat dan kami telah bertranformasi menjadi lulusan sarjana dan pasca sarjana yang mengemban misi untuk mempergunakan ilmu yang dimiliki demi kemaslahatan hidup masyarakat, agama, bangsa, dan negara.

Hadirin yang berbahagia

UIN Sunan Kalijaga sebagai suatu Lembaga Pendidikan Tinggi yang berkualitas, telah berhasil mewarnai berbagai bidang keilmuan dengan energi keislaman. Harapan dan doa kami semoga UIN Sunan Kalijaga almamater kami tetap konsisten mewujudkan visi dan misinya dan selalu bergerak menyesuaikan diri dengan perkembangan yang ujungnya melahirkan alumnus-alumnus yang berdedikasi, berkarakter, cerdas secara spiritual, cerdas secara emosional dan cerdas secara intelektual yang memiliki azas manfaat bagi orang lain dan lingkungannya.

Rekan-rekan wisudawan wisudawati yang saya cintai

Sedikit mari kita maknai tentang hakikat wisuda yang akan kita laksanakan esok hari. Toga sebagai pakaian wisuda, merupakan simbol yang menyatakan bahwa mahasiswa telah lulus dan siap untuk terjun ke masyarakat. Tali toga yang awalnya disampirkan di kepala sebelah kiri, oleh rektor dipindah ke bagian kanan.

Tali toga di sebelah kiri maksudnya adalah selama menjadi mahasiswa, bagian otak yang dipakai mahasiswa kebanyakan adalah otak kiri. Dimana otak kiri hanya berhubungan dengan bahasa atau hafalan. Dipindahkannya tali toga dari kiri ke kanan dimaksudkan agar setelah lulus para sarjana tidak hanya menggunakan otak kiri, tetapi harus lebih banyak menggunakan otak kanan. Dimana otak kanan ini berhubungan dengan daya imajinasi, kreativitas, dan inovasi seseorang. Hal ini berhubungan dengan aktivitas atau pekerjaan yang harus kita pilih sebagai lulusan.

Diharapkan setelah lulus, kita tidak hanya menggunakan otak kiri yang "hanya mengandalkan bekerja pada orang lain" namun "harus mampu berpikir kreatif, imajinatif dan inovatif" yang menggunakan otak kanan dalam menciptakan pekerjaan bagi diri mereka sendiri.

Rekan-rekan wisudawan wisudawati yang saya hormati

Hari ini bukanlah akhir dari perjuangan kita

Hari ini bukanlah akhir dari mimpi kita

Hari ini adalah awal dari perjuangan lain yang telah menanti kita

Proses pembelajaran kita tidak boleh berhenti sampai disini, belajar tidaklah mengenal batas waktu. Upacara seremonial saat ini lebih tepat dimaknai sebagai perjalanan awal untuk belajar dan menambah wawasan di universitas sesungguhnya yaitu universitas kehidupan.

Kita sebagai Wisudawan/wisudawati idealnya dapat menjadi aktor perubahan karena jika tidak mau berubah maka pada akhirnya akan digilas oleh perubahan itu sendiri. Kita tidak boleh tergilas zaman, paling tidak harus bisa mengikuti zaman, dan yang paling hebat harus bisa menggerakkan zaman.

Hari ini kita harus bangga, bukan hanya karena pencapaian akademis yang kita dapatkan, kita harus bangga karena mulai hari ini kita memperoleh amanah baru sebagai penggerak zaman.

Mari menjadi pelopor tidak hanya sekedar pengekor

Mari menjadi perintis tidak hanya sekedar pewaris

Mari menjadi penderma tidak hanya sekedar peminta

Mari menjadi pelakon tidak hanya sekedar penonton

Semoga Alloh senantiasa memberikan petunjuk dan meringanakan langkah kita dalam kebaikan.

The best people in the side of Allah is those benefit to others( insan terbaik disisi Alloh adalah yang bermanfaat bagi orang lain)

Sekian dari saya, kurang lebihnya mohon maaf,

Bilahitaufik walhidayah

wassalamualaikum wr wb

Berita Terkait

Berita Terpopuler

Arsip Pengumuman
Arsip Berita
Arsip Agenda
Arsip Kolom