Workshop Pengembangan Sistem Manajemen Mutu Laboratorium

Laboratorium Terpadu Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Kalijaga pada tanggal 21 Januari 2021 menyelenggarakan Workshop Pengembangan Sistem Manajemen Mutu Laboratorium yang dilakukan secara luring dan daring. Pelaksanaan workshop ini bertempat di Hotel Horizon Yogyakarta. Workshop ini berlangsung sejak pukul 09.00 hingga pukul 15.00 dengan dua pembicara yaitu Dr. Harjito, S.T, M.Si, C.EIA (Manajer Teknis Laboratorium Hidrologi dan Klimatologi Lingkungan UGM) dan Dr. (cand). Muddatstsir Idris, S.Si, M.Si (Manajer Teknis Laboratorium Kimia Universitas Lambung Mangkurat 2008-2014). Kegiatan ini dibuka oleh Ibu Dr. Maya Rahmayanti, S.Si, M.Si sebagai Kepala Laboratorium Terpadu UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Dalam sambutannya, Ibu Maya menjelaskan bahwa workshop ini merupakan Langkah awal untuk laboratorium terpadu UIN Suka untuk melakukan akreditasi yang sebelumnya telah dilakukan akreditasi pada tahun 2012 dan berakhir pada tahun 2016. Peserta workshop pada kegiatan ini berasal dari internal UIN Sunan Kalijaga dan eksternal seperti Politeknik Banjar masin, Universitas Lampung, Universitas Padjajaran, Universitas Tadulako dan universitas lainnya yang berjumlah kurang lebih 50 peserta dari seluruh Indonesia. Ibu Dr Maya Rachmayanti juga mengucapkan terima kasih kepada panitia yang telah bekerja keras demi terselenggaranya workshop ini.

Sambutan kedua disampaikan oleh Ibu Dr Hj. Khurul Wardati, M.Si sebagai Dekan Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Kalijaga. eliau menceritakan bahwa laboratorium terpadu Fakultas Sains dan Teknologi telah berdiri sejak tahun 2008 dan telah melakukan akreditasi pada tahun 2012. Harapannya melalui workshop pada hari ini, semua peserta dapat belajar bagaimana proses menyiapkan akreditasi untuk laboratorium, tips dan trick untuk akreditasi laboratorium selain menyiapkan dokumen administrasi dan mutu yang diperlukan. Karena laboratorium merupakan support terbesar baik bagi pembelajaran sains maupun teknologi yang dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat umum dan masyarakat pendidikan. Salah satu bentuk dari core values integrasi dan interkoneksi yang saat ini sedang dikembangkan adalah mengenai layanan halal. Saat ini Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Kalijaga jjuga sedang melakukan pemetaan penelitian dan pengabdian masyrakat supaya dapat saling terintegrasi dan hal ini tidak terlepas dari support laboratorium. Kemudian workshop dibuka oleh Ibu Dekan Fakultas Saintek dengan melafadzkan Bismillah.

Materi pertama disampaikan oleh Bapak Dr Sardjito S.T., M.Si, C.EIA dengan tema Sistem Manajemen Mutu Berbasis ISO 17025: 2017. Bapak Dr Sardjito menjelaskan mengenai pentingnya akreditasi berbasis ISO bagi laboratorium. Goal dari ISO adalah kepuasan pengguna atau pelanggan dan pemangku kepentingan. Laboratorium yang kompeten adalah laboratorium yang mempu menghasilkan data pengujian/ kalibrasi yang valid karena dikelolaoleh personil yang kompeten dimana seluruh faktor teknis dikendalikan melalui penerapan sistem manajemen mutu. Dan kompetensi laboratorium tidak bisa diklaim secara sepihak, tetapi perlu adanya rekognisi formal oleh lembaga berwenang melalui akreditasi.

Sedangkan materi kedua disampaikan oleh Bapak Dr. (cand). Muddatstsir Idris, S.Si, M.Si dengan tema Penyusunan Dokumen Persyaratan Teknis ISO 17025. Beliau menjelaskan mengenai teknis penyusunan dokumen guna proses akreditasi ISO 17025. Salah satunya adalah diperlukan adanya tim akreditasi laboratorium yang terdiri dari manager laboratorium, penyelia/supervisor dan analisis (jumlah sesuai dengan lingkup pengujian). Harapannya tim ini juga telah mempelajari mengenai sistem mutu lab berbasis ISO 17025. Setelah penyampaian materi oleh kedua pembicara, maka acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan diskusi. (AG)

LINK Youtube: Workshop Pengembangan Sistem Manajemen Mutu Laboratorium